Siswa SMP & SMA Islam Diponegoro Menjadi Juara Lomba Esai Tingkat Nasional LMEN 2022

YPID Berita, prestasi, SMA, SMP Siswa SMP & SMA Islam Diponegoro Menjadi Juara Lomba Esai Tingkat Nasional LMEN 2022
0 Comments

Alhamdulillahi Rabbil ‘alamin, perwakilan siswa SMP dan SMA Islam Diponegoro Surakarta menjadi juara dalam Lomba Menulis Esai Tingkat Nasional (LMEN) II UPT Perpustakaan UNS Tahun 2022. Lomba ini merupakan lomba penulisan esai tingkat nasional yang diselenggarakan oleh UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta dalam rangka Dies Natalies UNS ke-46.

Tema yang dilombakan dalam esai ini berkaitan dengan pengembangan perpustakaan masa depan dengan tiga kategori peserta yaitu kategori siswa SMP/MTs/Sederajat, kategori SMA/SMK/sederajat, serta kategori mahasiswa/guru/masyarakat umum. Perlombaan diadakan dengan seleksi naskah esai yang dikirimkan oleh berbagai peserta dari seluruh Indonesia dan kemudian dipilih tujuh finalis terbaik untuk melakukan presentasi karyanya di UPT Perpustakaan UNS pada hari Kamis, 21 April 2022.

Alhamdulillah, dalam kesempatan ini Sarah Imtinan, siswa kelas 9 SMP Islam Diponegoro meraih Juara 1 kategori siswa SMP/Mts/Sederajat dan Muhammad Rifky Dharmawan, siswa kelas X SMA Islam Diponegoro meraih Juara Harapan III untuk kategori siswa SMA/MA/Sederajat dalam Lomba Tingkat Nasional tersebut.

Sarah Imtinan dibawah bimbingan Ibu Arnita Cahya Saputri, M.Pd. memaparkan karya esainya yang berjudul Fun Library : Konsep Perpustakaan Siswa yang Menyenangkan sebagai Pengembangan Perpustakaan Masa Depan. Karya Sarah dilatarbelakangi dengan kurangnya minat siswa ke perpustakaan dan rendahnya minat baca siswa. Oleh karena itu, Sarah memberikan gagasannya dalam konsep Fun Library dimana perpustakaan masa depan harus didesain dengan konsep menyenangkan melalui 10 fasilitas yaitu koleksi buku cetak dan non cetak yang selalu diperbarui, fasilitas permainan bertema sains dan teknologi, fasilitas mini lab untuk eksplorasi dan eksperimen, fasilitas film berkaitan dengan pendidikan, fasilitas perangkat pencarian informasi di internet, fasilitas klinik penulisan karya, fasilitas perpustakaan metaverse, layanan pesan antar buku, jajanan sehat dan air minum, dan lomba rutin di perpustakaan serta give away/doorprize untuk pengunjung perpustakaan.

Sarah berharap konsep yang dia sampaikan dapat meningkatkan minat siswa untuk berkunjung dan belajar di perpustakaan. Alhamdulilah, ide dan gagasan ini berhasil menarik perhatian juri dan menjadikan Sarah Imtinan menjadi Juara 1 mengalahkan finalis lainnya.

[Penyerahan oleh DIrektur YPID Bapak Fikri Nahdi, S.T]

Muhammad Rifky Dharmawan dibawah bimbingan Bapak Zakaria Sandy Pamungkas, M.Pd. berhasil menjadi Juara Harapan III dengan judul : Aplikasi Alreal (Virtual Reality Library) Berbasis Android Sebagai Media Informasi, Penelitian, dan Rekreasi dalam Membangun Perpustakaan Masa Depan.

Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Related Posts

KEUTAMAAN MEMBACA AL-QUR’AN
Ramadhan memang sudah habis, tapi kita adalah hamba Allah yang tak ada habis-habisnya. Bulan puasa
TRADISI HALAL BIHALAL YANG TERUS DILESTARIKAN DI YPID
Masih dalam suasana hari Raya Idul Fitri, Senin 9 Mei 2022 bertempat di Gedung Pertemuan
Guru SMP dan SMA Islam Diponegoro Borong Juara Lomba Inovasi Literasi UNS Tingkat Nasional
Alhamdulillahi Rabbil ‘alamin, tiga guru SMP Islam Diponegoro dan satu guru SMA Islam Diponegoro Surakarta