Optimalisasi Mind Map sebagai Metode Pembelajaran di SMA Islam Diponegoro

video motivasi sebagai pembuka workshop

Sabtu, 7 Oktober, bertempat di Aula SMA Islam Diponegoro dilaksanakan Workshop Guru tentang Optimalisasi Mind Map dalam pembelajaran yang diikuti oleh seluruh guru di SMA. Pada kegiatan ini disampaikan bahwa Metode Mind Map memiliki peran yang optimal bagi siswa untuk lebih mudah dalam mnerima materi yang disampaikan guru. Selain itu, bagi guru model ini juga sangat bermanfaat karena guru akan lebih mudah mnyampaikan materi karena sudah disusun dalam bentuk chart/peta konsep yang dibuatnya.

Dengan kata lain guru akan lebih mudah dalam mngajarkan dan mengembangkan materinya di kelas. Pada kegiatan ini juga disampaikan bahwa model Mind Map ini bisa dibuat menggunakan word, Android, atau Aplikasi seperti Edraw dan yang sejenisnya sehingga guru bisa memilih model Mind Map yang terbaik menurut setiap guru masing-masing sesuai dengan karakteristik pelajarannya. Demikian menurut Bp. Muh Wahyu Purnama Putra, S.Pd yang juga menjadi pemateri Mind Map berbasis Aplikasi ini.

kepala sekolah menjelaskan sekilas tentang metode mind map

Ditemui saat workshop berlangsung , Kepala SMA Islam Diponegoro Bp. Ahmadi, S.Pd, mengharapkan bahwa dengan adanya Mind Map ini tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal. “Harapannya melalui penerapan model Mind Map ini guru akan lebih baik dalam menyajikan proses pembelajaran di kelas dan siswa akan mudah memahami materi yang disampaikan sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal” demikian papar Bp. Ahmadi, dalam rilisnya.

Ibu Arum Pramuningtyas, S.Pd, Guru Ekonomi SMA mengatakan bahwa model ini dapat mempermudah siswa dalam memahami materi pembelajaran. “Saya percaya bahwa model pembelajaran Mind Map ini sangat baik karena secara empiris pernah diuji waktu kuliah dulu, bahwa siswa akan lebih mudah memahami materi dengan model ini ketika proses pembelajaran” ujar Ibu Arum.

guru SMA mengikuti workshop mind map

Demikian pula yang disampaikan oleh Ibu Soelistyowati, S.Pd,  “Saya sependapat dengan model Mind Map ini sangat baik untuk pembelajaran, dan juga perlu dikembangkan supaya guru yang menentukan tema/pokok materi yang disampaikan. Kemudian siswa diminta untuk mengembangkan Mind Map ini, sehingga siswa akan lebih aktif dan terlibat secara langsung dalam pembelajaran” ungkap Ibu Soelis yang mengampu Mata Pelajaran Bahasa Indonesia.

SMA Islam Diponegoro merupakan satu-satunya sekolah khusus putri di Kota Surakarta. Dengan sarana dan prasarana yang lengkap, tenaga pendidik yang berkualitas, dan segudang prestasi, SMA Islam Diponegoro siap menjadi Sekolah Terbaik di tingkat sekolah menengah atas.

(Bp. Ahmadi & Humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *