LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN OSIS TAHUN 2016/2017

YPID Berita, SMP LATIHAN DASAR KEPEMIMPINAN OSIS TAHUN 2016/2017
0 Comments

Bertempat di Gedung Man Jadda Wajadda, seluruh pengurus OSIS SMP Islam Diponegoro mengikuti Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) pada tanggal 9 dan 10 Januari 2017. Kegiatan yang dimulai dari pukul 7.15 sampai 13.15 ini dimulai dengan upacara pembukaan dan dilanjutkan dengan materi perdana yang disampaikan oleh Bapak Namara Dirgantara, Kepemimpinan dan Organisasi.

Kemudian setelah istirahat dan sholat dhuha, peserta LDK masuk ke materi kedua. Ada yang menarik dari materi Karakter dan Budi Pekerti ini, yup! pemberi materi kedua ini adalah Bapak Edi Purwanto dan Bapak Sugeng Rudiatno dari Polsek Pasar Kliwon. Dengan seragam lengkap, Bapak Edi memberikan materi dengan tegas dan to the point. Namun terkadang disertai guyonan agar peserta tidak bosan dan tetap semangat. Harus semangat dong!

ldk

Materi ketiga yaitu Pembuatan Proposal didampingi oleh Ibu Budi Isbandiyah. Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok sesuai dengan Sek-Bid nya masing-masing. Dan Ibu Is mulai membimbing peserta bagaimana cara membuat proposal kegiatan yang baik dan benar.

3 ldk

Pada hari kedua LDK, pengurus OSIS yang terdiri dari kelas 7 dan 8 berkumpul di Lapangan untuk menerima materi pertama. Latihan Dasar Baris Berbaris, itulah materi yang disampaikan oleh Bapak Paino Purwohartono. “Langkah tegap maju, jalan!” begitulah salah satu aba-aba yang diberikan oleh Bapak Paino. Aba-aba yang lainnya antara lain, hadap kanan, hadap kiri, balik kanan, haluan kiri, berhitung, periksa kerapian, istirahat di tempat, dll. Suara Bapak Paino sangat tegas dan lantang saat memberikan aba-aba kepada peserta LDK. “Harus keras. Keras bukan berarti kejam atau galak lho ya. Tapi keras aba-abanya, suaranya, agar anak-anak tetap semangat. Harus dipupuk semangatnya, makanya harus keras, harus semangat memberikan aba-aba”, terang Bapak Paino. Kalau pelan suaranya nggak terdengar ya Pak.

5 6 7

Setelah latihan dasar baris berbaris, peserta LDK siap menerima materi Peran OSIS dalam Kegiatan Sekolah yang disampaikan oleh Ibu Dayshella ECP di gedung Man Jadda Wajadda. Materi yang disampaikan sangat menarik dan terlihat peserta juga sudah akrab dengan Ibu Shella.

8

Setelah Ibu Sella selesai memberikan materi kepada peserta, Ibu Isbandiyah melanjutkan kegiatan LDK dengan memberikan materi Perencanaan dan Pembuatan Program Kerja. Peserta diberi waktu untuk berfikir & berdiskusi program kerja apa saja yang akan dibuat dan dilaksanakan selama mereka menjabat menjadi pengurus OSIS SMP Islam Diponegoro. Tentu saja kegiatan yang akan mereka buat harus sesuai dengan peringatan hari nasional atau peringatan yang lain. Ibu Isbandiyah juga berpesan kepada pengurus OSIS agar bekerja sama antar Sek-Bid baik putra maupun putri.

9

Materi terakhir adalah Diskusi Program Kerja. Peserta LDK bersama-sama berdiskusi mengenai program kerja OSIS dan didampingi oleh Ibu Isbandiyah dan pemberi materi yang lain. Kemudian Kegiatan LDK ditutup dengan penyerahan sertifikat secara simbolis kepada peserta.

 

Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Related Posts

Tertarik Ikut Trial Class untuk Si Kecil? Pahami Dulu Hal Ini
Sebagaimana sifat manusia yang lebih menyukai bukti daripada janji. Itulah mengapa Trial Class diadakan, ingin
KEUTAMAAN MEMBACA AL-QUR’AN
Ramadhan memang sudah habis, tapi kita adalah hamba Allah yang tak ada habis-habisnya. Bulan puasa
TRADISI HALAL BIHALAL YANG TERUS DILESTARIKAN DI YPID
Masih dalam suasana hari Raya Idul Fitri, Senin 9 Mei 2022 bertempat di Gedung Pertemuan