Konsultasi Psikologi Anak Manjadi Salah Satu Pelayanan Unggulan di PAUD Terpadu Islam Diponegoro

YPID Artikel, Berita, Paud Terpadu Konsultasi Psikologi Anak Manjadi Salah Satu Pelayanan Unggulan di PAUD Terpadu Islam Diponegoro
0 Comments

SEPERTI APA PENDIDIKAN YANG TERBAIK UNTUK BUAH HATI ANDA?

Rasulullah SAW bersabda yang artinya “Allah merahmati kedua orang tua yang menolong anaknya untuk berbakti”. Hadist ini mengajarkan kepada kita bahwa tanpa pertolongan orang tua seorang anak tidak akan mampu untuk berbakti kepada orang tuanya. Pertolongan yang terbaik adalah dengan berdoa untuk anak dan memberikan pendidikan terbaik sejak masa kecilnya.

kemampuan motorik anak harus terus dilatih

Menurut berbagai penelitian yang berkembang saat ini, pertumbuhan dan perkembangan otak anak berlangsung sangat cepat dan pesat terutama pada usia 0-6 tahun. Proses perkembangan otak anak 90% terjadi pada 5 tahun pertama hidupnya. Ini berarti masa balita menjadi sangat penting bagi perkembangan otak atau lebih sering disebut sebagai usia emas pertumbuhan. Proses perkembangan otak dipengaruhi oleh faktor-faktor penting, yaitu; pengalaman sehari-hari, respons yang diterima, aktivitas disamping asupan nutrisi dan faktor genetis. Maka dari itu anak-anak harus mendapatkan pendampingan yang tepat baik secara fisik maupun psikologi.

Ibu Yuli Fitriana, S.Psi sedang memberikan pelayanan psikologi kepada orang tua murid

Pelayanan psikologi anak jelas berbeda di setiap tahapan usianya. Layanan psikologi anak di PAUD bukan hanya menitik beratkan pada masalah yang muncul saja, tetapi juga tentang tumbuh kembang anak itu sendiri. Seperti yang dikemukakan oleh Psikolog Anak di PAUD Terpadu Islam Diponegoro, Ibu Yuli Fitriana, S.Psi. “Pelayanan psikologi di PAUD tidak hanya mengatasi masalah yang muncul tetapi juga tentang tumbuh kembang anak & proses belajar anak seperti kesiapan masuk SD, anak akan dilihat sejauh mana kematangan mental & kognitifnya. Apakah sudah sesuai dengan usianya atau belum. Melayani konsultasi anak dan biasanya karena ini adalah anak usia dini, seringkali masalah yang terjadi dengan anak signifikan sekali hubungannya dengan pola asuh orang tuanya di rumah.” ujar beliau

Pemahaman ilmu pengetahuan yang erat kaitannya dengan pengagungan Allah SWT sebagai Pencipta Alam

PAUD Terpadu Islam Diponegoro sangat memahami pentingnya perlakuan yang tepat dalam memaksimalkan proses perkembangan otak, kejiwaan dan pembentukan karakter yang positif atau lebih dikenal dengan akhaqul karimah. Berbagai kegiatan seperti tahfidz Al-Quran, doa pagi, shalat berjamaah dan praktek sunnah Rasul juga dilakukan untuk membentuk pola kebiasaan sehari-hari baik di sekolah maupun di rumah. Pengenalan dan pengagungan Allah sebagai Sang Pencipta alam semesta juga di terapkan di sini. Sisi inilah yang ditonjolkan untuk memperkuat keimanan anak sejak usia dini. Kegiatan yang dilakukan selalu berusaha untuk dikaitkan dengan nilai-nilai keimanan, memahami pentingnya mencintai makhluk Allah SWT dan lingkungan. Pengalaman belajar dengan berinteraksi langsung dengan obyek yang dipelajarinya akan lebih mudah diserap dan membekas untuk jangka waktu yang lama. Selain itu kecakapan anak juga diasah dengan mengembangkan kemampuan motorik kasar dan halus untuk menumbuhkan kreatifitas anak. Siswa tanpa terasa belajar banyak hal tanpa merasa terbebani karena semua dilakukan secara bersama-sama dan dalam suasana yang menyenangkan. Alhamdulillah, keteladanan dan kesabaran bapak ibu guru mampu menarik perhatian siswa untuk mengikuti setiap arahan yang diberikan.

percaya diri dan semangat berkompetisi sejak dini

Karakter positif penting dibentuk sejak dini untuk menekan tumbuhnya sifat egois dan induvidualis. Berbagai kegiatan dilakukan untuk melatih kemandirian anak agar memiliki rasa tanggung jawab, melatih kesabaran, menghargai orang lain dan bersedia berbagi terhadap kesempatan dan barang yang dimilikinya. Tidak terkecuali menanamkan sikap nasionalisme serta kedisiplinan. PAUD Terpadu Islam Diponegoro juga berusaha memberi wadah bagi pengembangan minat, bakat dan prestasi siswanya. Hal ini untuk memunculkan bakat anak yang belum terlihat dengan memperkenalkan berbagai kecakapan. Selain itu wadah ini juga berusaha menumbuhkan percaya diri dan semangat berkompetisi sejak usia dini.

PAUD Terpadu Islam Diponegoro telah lebih dari 5 tahun ditunjuk oleh Pemerintah Kota Surakarta sebagai TK Pembina di Surakarta. Selain itu, sejak tahun 2015 ditunjuk sebagai percontohan PAUD Holistik dan Ramah Anak. Berdiri di area seluas lebih dari 1500 meter persegi yang dilengkapi dengan berbagai sarana prasarana yang memadai termasuk area bermain yang lengkap termasuk kolam renang menjadikan PAUD Terpadu Islam Diponegoro sebagai tempat yang representatif untuk menyelenggarakan proses pembelajaran yang ideal dan Insya Allah mampu menjadi tempat yang ideal bagi tumbuh dan berkembangnya anak Anda.

 

Informasi Pendaftaran silahkan hubungi

PAUD Terpadu Islam Diponegoro

Jl. Untung Surapati 194B Pasar Kliwon Surakarta

Telp. 0271-637455

Call Center 0878 3636 4848

 

(Humas)

Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Related Posts

Hari Kebangkitan Nasional 114 Tahun
Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang ke-114 pada tanggal 20 Mei 2022 dengan tema “Ayo
PPDB SMA ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA
Kenapa harus memilih SMA Islam Diponegoro? Karena SMA Islam Diponegoro memiliki 5 program unggulan berikut
PPDB SMP ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA
Kalau bukan di SMP Islam Diponegoro di mana lagi? Kalau bukan sekarang kapan lagi? Tunggu