Jogjakarta Jadi Destinasi Karya Wisata SMP Islam Diponegoro

YPID Berita, SMP Jogjakarta Jadi Destinasi Karya Wisata SMP Islam Diponegoro
0 Comments

Bapak Namara foto bersama dengan bus karya wisata

2 Bus sudah bersiap di depan gerbang SMP Islam Diponegoro, Kamis, 16 Februari 2017. Bus-bus tersebut siap mengantarkan siswa dan siswi kelas 8 Program Khusus dan Program Unggulan SMP Islam Diponegoro untuk pergi Kegiatan Karya Wisata. “Tujuan dari karya wisata ini antara lain untuk menumbuhkan kedisiplinan, mengajarkan kerja keras, cinta lingkungan, dan mengetahui lebih tentang sains teknologi” ujar Kepala Sekolah SMP Islam Diponegoro Surakarta, Bapak Namara Dirgantara saat memberikan briefing sebelum keberangkatan Karya Wisata. Dan tepat pukul 7.00, bus berangkat ke arah selatan . Ada yang bisa nebak mau kemana bus nya? Yuhu.. Jogjaaaa..

kunjungan ke AAU

Destinasi karya wisata yang pertama adalah ke Akademi Angkatan Udara. Disana siswa siswi disambut dengan hangat oleh taruna-taruna AU yang berseragam lengkap. Disiplin dan kerja keras, itulah yang hendak ditanamkan ke diri siswa siswi dalam kunjungan mereka ke Akademi AU. Tidak mudah untuk menjadi disiplin dan bekerja dengan keras untuk meraih suatu pencapaian yang baik. Namun apabila ada niat dan dijadikan kebiasaan, maka kedua hal itu akan mudah dilaksanakan.

Wakasek Kesiswaan memberikan kenang-kenangan kepada AAU

Kak Haidar, alumni SMP Islam Diponegoro yang saat ini berkuliah di Fak. Teknik UGM

Di sela-sela jadwal, rombongan SMP Islam Diponegoro singgah ke Masjid Universitas Gadjah Mada untuk menunaikan Ibadah Sholat secara berjamaah. Dan rombongan bersapa dengan seorang alumni SMP Islam Diponegoro, yaitu Kak Haidar. Kak Haidar saat ini menempuh pendidikan di Fakultas Teknik UGM. Kak Haidar juga berperan aktif dalam kegiatan Karya Wisata ini lhoh. Supercool!

siswa saat mencoba alat peraga di Taman Pintar

Destinasi kedua yaitu Taman Pintar Jogjakarta. Siapa sih yang ngga tahu taman pintar? Tempat yang penuh dengan sarana edukasi, khusus nya Sains dan Teknologi. Tentu saja siswa siswi sangat tertarik untuk menjajal semua simulasi atau alat peraga sains dan teknologi yang ada di dalam Taman Pintar.  Antara lain, Simulator Gempa Bumi, Simulator Listrik, Generator Pedal, Generator Van De Graaf, Terowongan Ilusi, Peraga Turbulensi, Zona Pengolah, Zona Air untuk Kehidupan dan masih banyak lagi.

Setelah mengunjungi Taman Pintar, siswa siswi mampir ke Pusat oleh-oleh untuk berbelanja dan membeli oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Setelah selesai berbelanja, rombongan SMP Islam Diponegoro melanjutkan perjalanan pulang ke Surakarta. Dan Alhamdulillah sampai kembali ke rumah masing-masing dengan selamat.

Berikut susunan acara (rundown) karya wisata kelas 8 SMP Islam Diponegoro

06.00 – 07.00 Persiapan keberangkatan

07.00 – 10.00 Perjalanan ke Akademi Angkatan Udara (AAU)

10.00 – 12.00 Kegiatan di AAU

12.00 – 13.00 Ishoma ke Masjid Universitas Gadjah Mada (UGM)

13.00 – 13.30 Perjalanan ke Taman Pintar

13.30 – 15.30 Kegiatan di Taman Pintar

15.30 – 17.30 Belanja di Pusat oleh-oleh

17.30 – 21.00 Perjalanan pulang ke Surakarta

suasana di dalam bus karya wisata

Banyak ilmu bermanfaat dan pengalaman yang didapat siswa siswi SMP Islam Diponegoro selama kegiatan Karya Wisata. Bukan hanya materi-materi keilmuan yang diambil dari AAU dan Taman Pintar saja, tetapi juga mereka secara tidak langsung belajar berbagi, managemen waktu, dan tanggung jawab selama berada di bus, bersama teman-teman mereka, dan di dalam perjalanan Kagiatan Karya Wisata.

What a wonderful trip!

(Humas)

Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Related Posts

SD Islam Diponegoro Borong Medali Pada Olimpiade Sains Tingkat Nasional
Perwakilan SD Islam Diponegoro Surakarta mempersembahkan 3 medali perak & perungu dalam ajang Olimpiade Sains
Langganan Juara, PAUD Terpadu Islam Diponegoro Raih Juara Drum Band Tingkat Se-Eks Karesidenan Surakarta
Alhamdulillah di penghujung Tahun Ajaran 2021/2022 drum band PAUD Terpadu Islam Diponegoro Surakarta meraih Juara
PPDB PAUD TERPADU ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA
Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) PAUD Terpadu Islam Diponegoro Surakarta Tahun Ajaran 2022/2023 telah dibuka