Guru SMP Lakukan Diseminasi Bimtek Peningkatan Keterampilan Numerasi melalui MCM

YPID Berita, prestasi, SMP Guru SMP Lakukan Diseminasi Bimtek Peningkatan Keterampilan Numerasi melalui MCM
0 Comments

Sabtu, 18 Desember 2021, SMP Islam Diponegoro Surakarta mengadakan diseminasi hasil bimtek terkait peningkatan keterampilan numerasi di Aula Man Jadda Wajada yang diikuti oleh guru-guru dari berbagai bidang studi. Diseminasi hasil bimtek dilakukan oleh Ibu Arnita Cahya Saputri, M.Pd, guru mata pelajaran IPA SMP Islam Diponegoro Surakarta yang telah selesai mengikuti bimbingan teknis (bimtek) peningkatan keterampilan numerasi yang diselenggarakan oleh Direktorat Guru Pendidikan Dasar, Dirjen GTK Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) selama empat hari di Jakarta. Ibu Arnita Cahya Saputri, M.Pd. berkesempatan menjadi satu-satunya peserta bimtek mewakili wilayah Solo Raya bersama 29 perwakilan guru SMP se-Jawa Bali setelah melalui seleksi diantara 6800 pendaftar. Alhamdulillah, kesempatan berharga yang diberikan Kemendikbudristek untuk pengembangan kompetensi guru dan membangun jejaring dengan guru-guru dari berbagai daerah.

Dalam sesi diseminasi dengan guru-guru SMP Islam Diponegoro Surakarta, Bu Arnita menyampaikan terkait penerapan numerasi dalam kehidupan, pentingnya melatihkan numerasi pada siswa,Microlearning PISA, Asesmen Nasional, praktik baik dalam pendidikan dasar, dan pemanfaatan aplikasi Math City Map (MCM) dalam meningkatkan keterampilan numerasi siswa. Aplikasi MCM merupakan aplikasi yang dapat didownload di Google Playstore maupun AppStore atau dapat diakses melalui website https://mathcitymap.eu/id/ yang berfokus pada pembelajaran secara outdoor dengan memanfaatkan trail yang telah dibuat pada suatu tempat dan siswa melakukan pembelajaran dengan eksplorasi lingkungan sekitar berbasis aplikasi yang terkoneksi dengan GPS. MCM memungkinkan siswa dari berbagai usia untuk mengeksplorasi objek menarik di halaman sekolah, di taman kota atau di hampir setiap tempat dengan menggunakan keterampilan numerasi.

Alhamdulillah, guru-guru SMP Islam Diponegoro mengikuti kegiatan diseminasi dengan antusias dan terlibat dalam sesi diskusi aktif. Semoga kegiatan ini dapat menjadi penyemangat setiap guru untuk bersama-sama belajar melatihkan keterampilan numerasi pada setiap mata pelajaran yang diampu sehingga nantinya keterampilan numerasi siswa akan terlatih dengan baik dan mencapai tujuan pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan abad 21. Aamiin

Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Related Posts

PPDB SMP ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA
Kalau bukan di SMP Islam Diponegoro di mana lagi? Kalau bukan sekarang kapan lagi? Tunggu
Tertarik Ikut Trial Class untuk Si Kecil? Pahami Dulu Hal Ini
Sebagaimana sifat manusia yang lebih menyukai bukti daripada janji. Itulah mengapa Trial Class diadakan, ingin
KEUTAMAAN MEMBACA AL-QUR’AN
Ramadhan memang sudah habis, tapi kita adalah hamba Allah yang tak ada habis-habisnya. Bulan puasa