GLADI BERSIH ANBK SMP ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA

Senin, 20 September – Selasa, 21 September 2021 SMP Islam Diponegoro Surakarta mengadakan gladi bersih Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Bertempat di lantai 2 Laboratorium Komputer SMP Islam Diponegoro Surakarta. Peserta ANBK kali ini yaitu sejumlah 45 siswa utama dan 5 siswa cadangan dibagi dalam tiga sesi. Seluruh siswa mengikuti kegiatan dengan tertib. Dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, para siswa mengerjakan soal soal yang disajikan mulai dari jam 07.30 WIB sampai 09.30 WIB.

Adapun mata pelajaran yang diujikan adalah literasi dan numerasi. Secara teknis, pelaksanaan ANBK sama dengan pelaksanaan UNBK dimana sekolah menugaskan proktor, teknisi dan pengawas untuk kelancaran kegiatan ANBK.

ANBK adalah program evaluasi yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan atau Kebudayaan untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan pendidikan. ANBK perlu dilakukan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Asesmen ini dirancang untuk menghasilkan informasi akurat untuk memperbaiki kualitas belajar-mengajar, yang pada gilirannya akan meningkatkan hasil belajar murid.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *