FORUM SILATURAHMI DAN MOTIVASI BERSAMA HABIB ALWI BIN ALI ALHABSYI & DEWAN PENDIDIKAN AGAMA YPID

YPID Berita, Paud Terpadu, SD, SMA, SMP, Yayasan FORUM SILATURAHMI DAN MOTIVASI BERSAMA HABIB ALWI BIN ALI ALHABSYI & DEWAN PENDIDIKAN AGAMA YPID
0 Comments

Sabtu, 21 Agustus 2021 Dewan Pendidikan Agama Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro Surakarta mengadakan forum silaturahmi sekaligus pemberian motivasi bersama Habib Alwi bin Ali Alhabsyi untuk seluruh Guru Agama & Al-Qur’an Keluarga Besar YPID. Kegiatan yang berlangsung di Gedung Aula Diponegoro Kampus 1 ini sekaligus menjadi ajang perkenalan dan silaturahmi antara Dewan Pendidikan Agama YPID yang baru saja dilantik pada hari Selasa, 17 Agustus 2021 dengan Guru Agama & Al-Qur’an YPID.

Kegiatan ini juga turut dihadiri Direktur Sekolah YPID Fikri Nahdi, S.T dan juga Habib Alwi bin Ali Alhabsyi selaku Dewan Pembina YPID yang sekaligus memberikan motivasi untuk Asatidz & Asatidzah.

Beliau Habib Alwi bin Ali Alhabsyi yang menukil dari Kitab Manhajus Sawi karya Habib Zein bin Sumaith menyampaikan beberapa hal terkait dunia pendidikan. Antara lain beliau menyampaikan bahwa pendidikan yang pertama dan utama adalah dengan cara melihat atau memberikan contoh tauladan.

Seperti Rasulullah ketika mengajarkan tata cara sholat maka Rasulullah memerintahkan para sahabat untuk melihat bagaimana Rasulullah ketika sholat. Sehingga beliau Habib Alwi berpesan bahwa sebelum kita mengajar hendaklah perbaikilah diri kita terlebih dahulu. Selain itu sebelum mengajar hendaknya kita harus belajar dan membekali diri dengan ilmu tentang ilmu jiwa terutama ilmu kejiwaan untuk anak didik. Karena satu anak dengan anak yang lain itu berbeda karakter dan kejiwaannya. Beliau juga menambahkan bahwa tidak semua ilmu bisa disampaikan ke anak-anak. Kita tidak boleh menyampaikan sesuatu sebelum waktu yang tepat untuk jenjang usianya karena hal itu akan berdampak pada anak tersebut.

Maka dari itu sebagai seorang mualim atau pengajar hendaknya kita mengetahui dan belajar tidak hanya kecerdasan intelektual tetapi juga kecerdasan spiritual. Selain itu beliau juga menyampaikan kisah-kisah keteladanan dari Rasulullah SAW, Sahabat Rasulullah SAW dan kaum sholihin dalam hal pendidikan.

Di akhir acara dibuka sesi tanya jawab sekaligus sharing bagi asatidz & asatidzah untuk menyampaikan pandangan maupun kritik dan saran bagi kemajuan YPID.

Semoga dengan diadakannya kegiatan ini dapat menambah ghiroh atau semangat dari Asatidz & Asatidzah serta dapat termotivasi untuk selalu belajar dan berbenah diri. Kegiatan semacam ini akan diagendakan rutin untuk menjalin silaturahmi dan saling koordinasi antar Dewan Pendidikan & Guru Agama.

 

 

 

 

 

 

 

Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Related Posts

Bunda, Ini Lho Manfaat Yoga untuk Anak
Yoga bisa menjadi salah satu pilihan olahraga untuk Bunda lakukan bersama anak. Olahraga ini tidak
Guru SMP Lakukan Diseminasi Bimtek Peningkatan Keterampilan Numerasi melalui MCM
Sabtu, 18 Desember 2021, SMP Islam Diponegoro Surakarta mengadakan diseminasi hasil bimtek terkait peningkatan keterampilan
SISWA SISWI SD ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA TETAP BERPRESTASI DI MASA PANDEMI
Tetap berprestasi di masa pandemi, ananda Kevin Aditya Kusuma Putra kelasĀ  2A SD Islam Diponegoro