Business Day di Kampus 2 SD Islam Diponegoro Surakarta

YPID SD Business Day di Kampus 2 SD Islam Diponegoro Surakarta
0 Comments

Jumat pagi, 23 Februari 2018, siswa SD Islam Diponegoro Surakarta dating ke sekolah tampak membawa berbondot bekal. Usut punya usut, ternyata bukan bekal seperti layaknya bekal keseharian. Namun, ini momenperdana mereka mengawali program “Business Day” Kampus 2.

Program ini memang sengaja dirancang untuk membuat pembelajaran  anak yang fun dan refresh sebagai pendidikan live skill. Tidak hanya belajar tentang ilmu-ilmu teoritis, dalam kegiatan ini anak akan langsung praktik bagaimana berwira usaha (berdagang). Diawali oleh peserta didik  putra kelas  1 dan 2 yang berjualan dan peserta didik putrid yang membeli. Dan akan berlaku sebaliknya pada event yang akan datang.

Siswa tampak antusias dan semangat sekali saat menggelar barang dagangannya. Meja-meja stand digelar di sepanjang selasar depan kelas lantai bawah. Mereka menempati stand yang telah ditentukan oleh Wali kelas sesuai dengan kelompok yang telah dibagi sebelumnya. Selang beberapa saat, sejak dimulainya kegiatan, jajanan yang dijajakan oleh siswa ludes dalam sekejap.  Bahkan ada yang diantar lagi oleh orang tuanya.

Aneka makanan yang boleh dijajakan di Business Day ini dibedakan menjadi 4 kelompok. Kelompok  minuman, kue, gorengan, dan pernak-pernik. Dari masing-masing kelompok dibandrol dengan harga maksimal Rp 2.000,00. Harga yang sangat terjangkau untuk siswa. Hasil dari penjualan ini pun akan kembali ke siswa.

Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan dan melatih cara berwira usaha kepada siswa sejak dini. Semoga dengan pembelajaran seperti ini akan membekas di memori siswa, serta bermanfaat sebagai bekal saat dewasa kelak.

Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Related Posts

SD Islam Diponegoro Borong Medali Pada Olimpiade Sains Tingkat Nasional
Perwakilan SD Islam Diponegoro Surakarta mempersembahkan 3 medali perak & perungu dalam ajang Olimpiade Sains
Langganan Juara, PAUD Terpadu Islam Diponegoro Raih Juara Drum Band Tingkat Se-Eks Karesidenan Surakarta
Alhamdulillah di penghujung Tahun Ajaran 2021/2022 drum band PAUD Terpadu Islam Diponegoro Surakarta meraih Juara
PPDB PAUD TERPADU ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA
Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) PAUD Terpadu Islam Diponegoro Surakarta Tahun Ajaran 2022/2023 telah dibuka