Asyiknya Belajar Biologi di Luar Kelas

YPID Berita, SMP Asyiknya Belajar Biologi di Luar Kelas
0 Comments

Senin, 6 Februari, siswi SMP Islam Diponegoro Kelas 7 melakukan praktikum Biologi. Praktikum atau percobaan kali ini adalah Percobaan Ingenhousz. Apa itu Percobaan Ingenhousz? Garis besarnya adalah percobaan untuk membuktikan bahwa fotosintesis itu menghasilkan oksigen. Tapi, tidak seperti biasanya, kali ini praktikum dilakukan di luar Lab. Yeay! Check this out yes!

Percobaan Ingenhousz

Siswi SMP Islam Diponegoro sudah bersiap di lapangan dengan beberapa alat dan bahan untuk praktikum. Alat nya antara lain, beakerglass, corongkaca, kawat, tabung reaksi, dan ember. Sedangkan untuk bahannya adalah air dan Hydrilla. Ibu Diah selaku guru Biologi yang sebelumnya sudah menjelaskan langkah langkah percobaan di dalam Lab, mulai memberikan contoh untuk melakukan percobaan. Kemudian diikuti dengan siswi yang telah dibagi menjadi beberapa kelompok. Satu per satu mulai mengambil air dan menata alat dan bahan sesuai dengan yang dicontohkan ibu guru. Ada beberapa yang kesulitan, tapi dengan sedikit bantuan dari Ibu Diah, akhirnya rangkaian alat dan bahan dapat bekerja dengan baik. Walaupun percobaan ini berlangsung santai dan penuh canda tawa,  tapi siswa tetap bertanggungjawab untuk menyelesaikan praktikum.

Bu Diah memberikan contoh

Siswa kelas 7 SMP Islam Diponegoro mulai mengamati apa yang terjadi dengan percobaan mereka. Tampak sedikit demi sedikit keluar gelembung-gelembung udara dari hydrilla. Dan Alhamdulillah, percobaannya berhasil. Sembari mengamati, siswa mengisi LKS yang telah disiapkan oleh Ibu Diah dan menjawab semua pertanyaan dan kembali ke Lab untuk penjelasan berikutnya.

Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Related Posts

Tertarik Ikut Trial Class untuk Si Kecil? Pahami Dulu Hal Ini
Sebagaimana sifat manusia yang lebih menyukai bukti daripada janji. Itulah mengapa Trial Class diadakan, ingin
KEUTAMAAN MEMBACA AL-QUR’AN
Ramadhan memang sudah habis, tapi kita adalah hamba Allah yang tak ada habis-habisnya. Bulan puasa
TRADISI HALAL BIHALAL YANG TERUS DILESTARIKAN DI YPID
Masih dalam suasana hari Raya Idul Fitri, Senin 9 Mei 2022 bertempat di Gedung Pertemuan