Adab Bertetangga dalam Pembelajaran Akhlak di SD Islam Diponegoro Surakarta

YPID SD Adab Bertetangga dalam Pembelajaran Akhlak di SD Islam Diponegoro Surakarta
0 Comments

Pembelajaran Akhlak kelas 5 A SD Islam Diponegoro Surakarta, Kamis, 22 Februari 2018 berlangsung sangat menyenangkan. Pembelajaran dibawah asuhan Ustadz Hanafi tentang adab terhadap tetangga dipraktikkan secara langsung oelh siswa.

Siswa diajak keluar sekolah untuk menemui masyarakat di lingkungan sekolah. Siswa diajak berinteraksi langsung dengan tetangga untuk mempraktikkan teori adab dan akhlak terhadap tetangga yang telah dipelajari sebelumnya.

Mereka diminta menanyakan identitas orang-orang yang mereka temui sesuai dengan adab yang telah diajarkan dengansantun. Mereka juga menggali informasi bagaimana sikap antar warga di lingkungan masyarakat tersebut. Misalnya, saling membantukah saat ada yang mempunyai hajat.

Alhamdulillah melalui kegiatan ini, secara tidak langsung melatih mental siswa untuk berani berbicara di hadapan orang lain. Selain itu menjadikan membuat siswa lebih mengenal lingkungan mereka. Dengan demikian, diharapkan meminimalisir sifat egois dan individualis yang sudah mulai merebak di masyarakat kita.

Manfaat lain yang dapat dipetik dari kegiatan ini yakni memberikan pengalaman batin dan pembelajaran menjadi lebih menyenangkan (fun). Semoga bermanfaat buat bekal mereka hidup bermasyarakat, baik saat ini maupun kelas setelah mereka dewasa.

Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Related Posts

PPDB SMP ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA
Kalau bukan di SMP Islam Diponegoro di mana lagi? Kalau bukan sekarang kapan lagi? Tunggu
Tertarik Ikut Trial Class untuk Si Kecil? Pahami Dulu Hal Ini
Sebagaimana sifat manusia yang lebih menyukai bukti daripada janji. Itulah mengapa Trial Class diadakan, ingin
KEUTAMAAN MEMBACA AL-QUR’AN
Ramadhan memang sudah habis, tapi kita adalah hamba Allah yang tak ada habis-habisnya. Bulan puasa