Tim SMA Islam Diponegoro Surakarta Raih Juara 1 Envirolympics UII 2022 National Essay Competition

YPID Berita, prestasi, SMA Tim SMA Islam Diponegoro Surakarta Raih Juara 1 Envirolympics UII 2022 National Essay Competition
0 Comments

Alhamdulillahi robbil ‘aalamiin, Tim SMA Islam Diponegoro Surakarta ananda Mohammad, Ali Ridho dan Muhammad Sofwan Amir dengan pembimbing Bapak Zakaria Sandi Pamungkas., M.Pd berhasil meraih Juara 1 Envirolympics 2022 National Essay Competition yang diselenggarakan oleh Universitas Islam Indonesia Yogyakarta.

Tim SMA berhasil menyisihkan lebih dari seratus wakil SMA se-Indonesia. Ananda Mohammad, Ali Ridho dan Muhammad Sofwan Amir tampil memukau didepan anggota dewan juri para pakar lingkungan hidup tingkat nasional dengan mempresentasikan karya tulis ilmiah mereka.

Acara puncak kegiatan yang bertajuk Envirolympics 2022 ini diadakan pada 8 Januari 2023 di Auditorium UII yang selain diikuti siswa SMA juga dalam kategori mahasiswa diikuti mahasiswa dari kampus-kampus ternama seperti UGM, ITS, Universitas Andalas, Universitas Tarumanegara, dll.

[Presentasi Karya Tim SMA Islam Diponegoro Surakarta]

Olimpiade Lingkungan Universitas Islam Indonesia kali ini mengusung tema “Renewable Technology Innovation to Develop Sustainable Sanitation”. Tim SMA Islam Diponegoro Surakarta mengangkat tema yang berjudul Rancang Bangun Tangki Fitoremediasi Biofertilizer Terintegrasi IoT Bertenaga Termoelektrik sebagai Upaya Pengendalian Limbah Cair Industri Tekstil Batik di Kota Surakarta.

Berangkat dari latar belakang batik sebagai warisan budaya Indonesia yang harus dilestarikan serta pesatnya industri batik di Kota Surakarta menimbulkan pencemaran limbah batik di Kota Surakarta meningkat.

Sehingga tangki fitoremediasi terintegrasi IoT bertenaga termoelektrik hadir sebagai solusi pengendalian limbah cair industri tekstil memiliki empat bagian penting yakni penyaringan, penampungan, bionetralisir dan fitoremediasi, uji mutu air limbah dan pembuangan air limbah sesuai standar.

Pengolahan limbah menggunakan cara fitoremediasi dan bionetralisir ini menggunakan karbon aktif limbah kelapa. Proses monitoring limbah pun menggunakan teknologi masa kini yang ramah lingkungan yakni menggunakan IoT bertenaga termoelektrik.

[Foto Bersama Guru Pembimbing, Kepala Sekolah, dan Direktur YPID]

Barakallahufik, selamat dan sukses untuk ananda semua atas prestasi yang ditorehkan. Semoga memberikan manfaat dan berkah ilmunya. Aamiin ya Robbal Aalamiin.

Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Related Posts

Ajang Kompetisi dan Kreasi Siswa (AKOSIWA) Ke-4 SMP Islam Diponegoro Surakarta
Ajang Kompetisi dan Kreasi Siswa (AKOSIWA) merupakan ajang tahunan untuk jenjang SD/MI se-karisidenan Surakarta yang
Siswa SMA Islam Diponegoro Surakarta Meraih Medali Emas Nasional pada Ajang Festival Olimpiade Islami Nasional
Selamat dan Sukses ✨ Kepada Mohammad dari kelas XII IPS sebagai Peraih Medali Emas Nasional
Tim Basket SMA Islam Diponegoro Surakarta Meraih Juara 1 3X3 Competition DEBE SOLO
Alhamdulillah… tim basket SMA Islam Diponegoro Surakarta kembali menorehkan prestasi dalam bidang olahraga basket. Kali