PENDAMPINGAN ORANG TUA LANGKAH SUKSES HADAPI UTS

YPID Artikel, Berita, SD, SMA, SMP PENDAMPINGAN ORANG TUA LANGKAH SUKSES HADAPI UTS
0 2 Comments

STRATEGI SUKSES HADAPI UTS – Ujian Tengah Semester (UTS), yang dari namanya saja sudah terlihat jelas bahwa ujian tersebut dilakukan pada saat tengah semester. Pada bulan September ini, waktunya bagi murid di sekolah-sekolah Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro mengerjakan UTS. Sebagai seorang orangtua walimurid, hal ini terkadang menjadi momok tersendiri. Khawatir akan kesulitan dalam mengerjakan soal terus membayangi.  Padahal, UTS itu dapat di atasi dengan mudah lho.

Menurut Dina, psikolog di Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro, UTS merupakan hasil belajar anak. Untuk mendapat hasil yang baik, persiapan yang baik juga diperlukan. Persiapan yang dapat dilakukan meliputi persiapan sebelum pelaksanaan dan saat pelaksanaannya. Upaya tersebut harus diperhatikan baik oleh murid ataupun orangtua murid. Bagaimana caranya? Simak strategi sukses hadapi UTS yang diberikan psikolog kita ini, saat ditemui di ruangannya pada 21 September 2016 kemarin, yaitu :

  • Persiapan sebelum pelaksanaan :
  1. Persiapkan kondisi fisik. Kesehatan menjadi hal yang sangat penting dalam situasi apapun, apalagi menjelang ujian. Kalau kita sehat bukankah kita bisa melakukan apapun? Jadi, jangan lupa jaga kesehatan sebaik mungkin.
  2. Ketahui apa yang mau dilakukan. Hal ini berkaitan dengan mencari informasi yang diperlukan, seperti tentang materi pelajaran. Dengan memperoleh informasi yang dibutuhkan, membuat kita jadi tahu apa yang harus dilakukan. Tentang ujian apa itu, kapan waktunya, bagaimana bentuk ujiannya, dsb, hal ini bertujuan untuk menghilangkan kegelisahan. Jadi, pastikan mengetahui apa yang harus dilakukan termasuk kelengkapan materi ujian.
  3. Pendampingan orang tua, terutama anak SD. Anak yang dirasa memiliki keterbatasan, bisa dimaksimalkan dengan pendampingan dari orangtua. Maksimalkan pendampingan dan perhatian, apalagi di momen ujian seperti ini. Jangan sampai ada contoh kasus anak disuruh belajar tapi orangtuanya malah menonton tv.
  • Persiapan saat pelaksanaan :
  1. Kondisikan saat tes anak dalam kondisi sehat. Sebelum hari ujian, orangtua dapat membantu anak dengan memastikan mereka cukup tidur di malam hari, dan memberi mereka sarapan bergizi.
  2. Persiapan berangkat sekolah. Bangun lebih awal dan jangan sampai terlambat. Tidak jarang anak bisa mengerjakan, namun karena terlambat anak menjadi cemas.
  3. Dan setelah ikhtiar dilakukan, jangan lupa sama-sama berdoa memohon kepada sang Maha Kuasa. Insyaallah diberi kelancaran.

 

Mudah-mudahan sedikit strategi sukses hadapi UTS dari psikolog kita ini bisa bermanfaat bagi semua. Tetap semangat dan selamat mengerjakan soal-soal yah. Semoga anak-anak tersayang kita di Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro semuanya sukses.

 

UTS? Siapa takut….

Categories:

2 thoughts on “PENDAMPINGAN ORANG TUA LANGKAH SUKSES HADAPI UTS”

  1. Wendy says:

    Salam semangat selalu untuk anak2 SD Islam Diponegoro Ska.

  2. haniah fahmi alhabsy says:

    Semoga sukses ya buat seluruh anak2 di YPI Diponegoro..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Related Posts

Langganan Juara, PAUD Terpadu Islam Diponegoro Raih Juara Drum Band Tingkat Se-Eks Karesidenan Surakarta
Alhamdulillah di penghujung Tahun Ajaran 2021/2022 drum band PAUD Terpadu Islam Diponegoro Surakarta meraih Juara
PPDB PAUD TERPADU ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA
Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) PAUD Terpadu Islam Diponegoro Surakarta Tahun Ajaran 2022/2023 telah dibuka
Hari Kebangkitan Nasional 114 Tahun
Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang ke-114 pada tanggal 20 Mei 2022 dengan tema “Ayo