CALL CENTER
HUMAS YPID
0878 3636 4848
[email protected]

SMP ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA USUNG TEMA ‘DIPONEGORO GOES TO GO GREEN CAMPING’ SAAT KEMAH PERSAMI

Sabtu, 27-28 Juli 2019 telah terlaksana kegiatan tahunan SMP Islam Diponegoro Surakarta yaitu Kemah Persami yang diikuti oleh semua siswa putra kelas 7, dan 8 guna membentuk karakter siswa dalam hal akhlak, kemandirian, serta kepedulian terhadap lingkungan.

 

 

Kegiatan terdiri dari Pendirian Tenda, Upacara Pembukaan, Game kepramukaan, Mabit, Kegiatan Motivasi bersama Pak Sabar Gorky, Wide Game dan Lomba Memasak antar Regu.

Pukul 15.00 upacara pembukaan dilaksanakan dengan mengundang pengawas dari Dinas Pendidikan Surakarta. Bapak Nurrochmad, M.Pd, perwakilan dari Kabid Dinas Pendidikan Surakarta menjadi pembina upacara sekaligus membuka acara.

Diantara maghrib dan isya, tak lupa semua peserta kemah dan panitia bersama membaca Rattib Al Haddad dan tadarus Al Qur’an.

 

(Kegiatan Sholat Maghrib & Isya Berjamaah)

 

Selanjutnya, siswa kelas 7, dan 8 bersama perwakilan orangtua yang hadir dibuat terkesan dengan acara motivasi dengan menghadirkan sosok inspiratif yang bernama Bapak Sabar Gorky, seorang tunadaksa (kaki satu) yang telah mendaki Gunung tertinggi di Benua Eropa, Afrika, dan Gunung Cartenz, Papua, dan masih banyak lagi gunung yang telah beliau daki. Beliau menjadi seorang tunadaksa pertama yang berhasil menaklukkan 4 dari 7 summits gunung tertinggi di dunia.

 

(Sesi Motivasi oleh Bapak Sabar Gorky Penakluk 3 Gunung Tertinggi di Dunia)

 

Salah satu pesan yang sangat inspiratif yaitu ‘Jangan pernah menyerah dengan keadaan saat ini, karena Allah tidak pernah menguji hambanya diluar kemampuannnya’.Pengalaman beliau yang inspiratif menjadikan siswa dan guru bertanya dan mendapatkan ilmu dari beliau. Tak lupa dari segenap keluarga SMP Islam Diponegoro memberikan kenang-kenangan untuk beliau berupa jaket sebagai sambung rasa terimakasih untuk beliau sebagai motivator inspiratif.

 

(Pemberian Pesan dari Pak Sabar Gorky)

 

Setelah itu, siswa putra kelas 7 , dan 8 berkegiatan api unggun yang menampilkan berbagai kreatifitas pentas seni. Malam berlarut, siswa bergantian melihat planet Jupiter melalui Teropong yang di dampingi Bapak Abu Bakar Husein S.T dan Bapak Fikri Nahdi, S.T.

 

(Kegiatan Api Unggun Siswa)

(Kegiatan Api Unggun Siswa)

(Potret Siswa Melihat Planet Jupiter Melalui Teropong bersama Bapak Fikri Nahdi., S.T)

 

Hari menunjukkan pukul 03.30 siswa melaksanakan Sholat Lail berlanjut sholat Subuh. Pagi menjelang, siswa melaksanakan senam pagi, sarapan bersama, dan acara yang ditunggu-tunggu yaitu Wide Game. Terselip kegiatan kerja bakti membersihkan taman depan gerbang SD Kampus 2 sebagai kontribusi untuk membantu masyarakat.

 

(Kerja Bakti Membersihkan Lingkungan SD Kampus 2)

(Kegiatan Wide Games)

​Selesai wide game, siswa memasak sebagai bagian membentuk kemandirian diri, dan hasilnya di gunakan untuk makan siang masing-masing kelompok, serta penilaian lomba memasak.

 

(Kegiatan Lomba Masak)

(Kegiatan Lomba Masak)

Di akhir sesi Persami, ada materi dari Kakak Mahasiswa Mapala FKIP UNS Brahmahardika yang melengkapi ilmu tentang Survival dan Bivak dalam menghadapi tantangan di alam bebas. Kemudian setelah itu dilanjut penyampaian kejuaraan game kepramukaan dan wide game. Tepat pukul 15.00 kegiatan kemah telah usai dan waktunya siswa berkemas dan pulang.

 

(Pembagian Hadiah Perlombaan)

 

(Penyampaian Materi oleh Mahasiswa Mapala FKIP UNS Kak Brahmahardika)

Leave a Reply