SMP Islam Diponegoro Gelar GO GREEN CAMPING Bersama BPBD

YPID Berita, SMP SMP Islam Diponegoro Gelar GO GREEN CAMPING Bersama BPBD
0 Comments

Upacara pembukaan oleh Kepala Sekolah

Pasar kliwon merupakan salah satu kecamatan di Kota Surakarta yang dimungkinkan rawan bencana yang notabene dekat dengan sungai Bengawan Solo dan padat penduduk. Oleh karena itu, SMP Islam Diponegoro ingin membekali siswa dengan berbagai kecakapan life skills, peduli lingkungan dan tanggap bencana. Bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPDB), SMP Islam Diponegoro menggelar sebuah kegiatan yang mengasyikan dan sarat dengan nilai edukasi. “SMP ISLAM DIPONEGORO GOES TO GO GREEN CAMPING KERJASAMA DENGAN BPDB” menjadi tema dalam kegiatan SMP Islam Diponegoro Hari Sabtu – Minggu, 1 – 2 April 2017 yang lalu.

Peserta GO GREEN CAMPING

Kegiatan ini dikemas dengan menggabungkan kegiatan Pramuka, Mabit (Malam Bina dan Takwa), Outbound, Simulasi Penanggulangan Bencana dan Penghijauan lahan terbuka Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro (YPID) di Jalan Untung Suropati No. 139B, Palugunan, Pasar Kliwon, Surakarta atau yang sering kita sebut sebagai “Islamic Center”. Berpusat di Islamic Center YPID,  GO GREEN CAMPING diikuti oleh Siswa Putra SMP Islam Diponegoro yang berjumlah 69 orang, 30 pembina dan trainer outbound, serta anggota BPDB Kota Surakarta.

Breifing sebelum kegiatan

Agenda hari pertama dilaksanakan kegiatan kepramukaan dan Mabit, sedangkan hari kedua dilakukan kegiatan Outbound, Simulasi Penanggulangan Bencana dan Penghijauan Lahan.  Di hari pertama, peserta memulai acara dengan briefing dan pendirian tenda, kemudian dilanjutkan dengan upacara pembukaan dan games-games kepramukaan. Setelah ishoma, malan harinya perserta mengikuti acara renungan dan motivasi yang disampaikan oleh Konsultan Pendidikan YPID, Bapak Fikri Nahdi dan Direktur YPID, Bapak Abu Bakar Husein. Dan kemudian dilanjutkan dengan Pensi dan Evaluasi.

Estafet Air

Hari kedua GO GREEN CAMPING, peserta memulai kegiatan dengan Sholat Lail yang dilanjukan dengan Sholat subuh berjamaah. Kemudian setelah sarapan, seperti nya menjadi kegiatan yang ditunggu-tunggu oleh peserta, yup, Outbound!! Alhamdulillah YPID memiliki sarana outbound yang cukup lengkap. Dan peserta pun dapat menikmati semua permainan yang ada di Islamic Center. Menjelang waktu makan siang, peserta GO GREEN CAMPING mulai memasak makanan untuk makan siang mereka sendiri. Kemudian lanjut dengan Sholat Dzuhur.

mendengarkan Penyuluhan dari BPBD tentang Tanggap Bencana

Selapas Dzuhur, peserta mendapatkan ilmu baru dalam menanggulangi bencana. BPBD memberikan penyuluhan tentang tanggap bencana. Jadi kita harus siap dan tanggap bencana agar bisa meminimalis korban atau kerusakan yang terjadi selama bencana. Nah salah satu pencegahan atau mengurangi resiko bencana seperti banjir, kita bisa membuat Lubang Resapan Biopori. Lubang Resapan Biopori adalah salah satu teknologi tepat guna dan ramah lingkungan untuk mengatasi banjir dengan cara meningkatkan daya resapan air. SIBAT atau Siaga Bencana Berbasis Masyarakat mensosialisasikan cara membuat Biopori yang dapat bekerja secara maksimal. Bukan hanya teori bagaimana teknis pembuatannya, peserta GO GREEN CAMPING juga langsung terjun untuk mempraktekan pembuatan Lubang Resapan Biopori. Kayak bikin sumur ya..

Membuat Lubang Resapan Biopori

Sembari yang lainnya membuat Lubang Biopori, ada juga peserta yang menanam bibit pohon untuk upaya penghijauan di Islamic Center YPID. Dan acara praktek membuat Lubang Biopori dan Penghijauan ini menjadi acara akhir GO GREEN CAMPING kali ini. Setelah Upacara penutupan dan mengemasi tenda peserta pulang ke rumah masing-masing dengan keimanan dan ketaqwaan yang semakin kuat, pengetahuan baru dan pengalaman luar biasa. Alhamdulillah acara GO GREEN CAMPING Bersama BPBD kali ini berjalan dengan sukses dan lancar. Sedangkan untuk siswa putri SMP Islam Diponegoro, insya Allah akan menggelar kegiatan serupa pada tanggal 22-23 April yang akan datang.

SMP Islam Diponegoro memiliki program-program menarik sebagai usaha peningkatan kualitas pelayanan pendidikan bagi peserta didiknya. Dilengkapi dengan fasilitas penunjang KBM yang lengkap dan tenaga pendidik yang amanah dan berkualitas menjadikan SMP Islam Diponegoro salah satu sekolah islam terbaik di kota Surakarta.

(Red. Ibu Ayu Nur, Ibu Dyah, Bp. Marno, Bp. Karis, & Humas)

Categories:

1 thought on “SMP Islam Diponegoro Gelar GO GREEN CAMPING Bersama BPBD”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Related Posts

SEMINAR INTERNASIONAL BERSAMA WESTERN SYDNEY UNIVERSITY
Yayasan pendidikan Islam Diponegoro Surakarta mengadakan Seminar Internasional dengan bertemakan “Teacher Knowledge in Teaching Multimodal
PERSAMI Sebagai Salah Satu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Dalam rangka mewujudkan visi pendidikan Indonesia yakni, mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian
MOMEN MANIS AYAH BUNDA SAAT HABISKAN WAKTU BERSAMA DENGAN BUAH HATI DALAM PROGRAM FAMILY CAMP
PAUD Terpadu Islam Diponegoro Surakarta selalu memberikan kejutan melalui kegiatan yang keren dan menyenangkan untuk