SMP Islam Diponegoro Bentuk Karakter Islami Siswa Dengan Pesantren Madrasah

YPID Berita, SMP SMP Islam Diponegoro Bentuk Karakter Islami Siswa Dengan Pesantren Madrasah
0 Comments

Pesantren Madrasah merupakan suatu kegiatan positif yang dilakukan dalam rangka membentuk karakter islami pada siswa di sekolah.

Dalam rangka membentuk karakter islami dan penanaman nilai islami, SMP Islam Diponegoro Surakarta mengadakan Pesantren Madrasah. Meski pembelajaran ilmu agama telah disediakan di bangku sekolah, namun untuk lebih mendalami prakteknya, diselenggarakanlah kegiatan ini.

Alhamdulillah, Pesantren Madrasah yang bekerja sama dengan Masjid Jami’ Assegaf ini telah berjalan dengan baik. Pesantren dilaksanakan selama 3 hari pada tanggal 7, 8 dan 9 Oktober 2016 di Pondok Putri Daarul Batul Atthahirah, yang dipimpin oleh Ustad Sholeh Aljufri. Pesertanya adalah seluruh siswi kelas 9B.

 

ebdf59be-a605-47f7-8503-605021eddf52

 

Menurut Dina Nur Adilah S. Pd, salah seorang guru yang mendampingi, manfaat dari kegiatan tersebut ialah sebagai wadah untuk mempersatukan siswi serta memberikan pendidikan agama sejak dini untuk membentengi akhlak dan moralnya agar tidak terpengaruh pada budaya global yang negatif.

Ia juga menyampaikan bahwa kegiatan ini akan terus dilangsungkan secara berkelanjutan karena menjadi suatu langkah pendidikan yang strategis bagi siswa dalam hal praktek agama. “Untuk minggu ini, jadwalnya siswi kelas 9B. Insyaallah minggu depan giliran siswa-siswi kelas lain yang akan mengikuti kegiatan ini juga.” tuturnya.

Ada banyak jenis kegiatan yang dilakukan di dalam pesantren madrasah tersebut, di antaranya lain :
  1. Ta’lim Halaqoh
  2. Mudzakaroh
  3. Sholat Berjamaah
  4. Sholat Lail
  5. Wirid
  6. Tilawatil Quran
  7. Praktek Wudhu
  8. Rauha
  9. Membaca Maulid
  10. Renungan

 

06b5898f-19e2-493e-9015-d0a64905ecf6

 

Pesantren Madrasah merupakan bagian dari pilar penanaman nilai-nilai islami lewat pembiasaan pola hidup islami. Semua kegiatan dan pelayanan tersebut tidak dipungut biaya apapun, termasuk konsumsinya. Beberapa tujuan dari penyelenggaraan kegiatan tersebut ialah :

  • Menambah pengetahuan dan praktek ibadah
  • Menambah pengetahuan dan cara membaca Al Qur’an
  • Menanamkan akhlakul karimah
  • Menambah pengalaman beribadah sunah
  • Menanamkan kemandirian
  • Belajar intropeksi diri dan menghargai orang lain
  • Menanamkan kebersamaan
  • Menimba dan menggali berbagai pengetahuan yang disampaikan oleh intruktur atau oleh temannya, baik yang disengaja ataupun tidak, baik yang langsung atau tidak langsung dirasakan.

 

301b565a-bbd6-4682-81d5-416e3949d1f8

 

Setelah selesai seluruh aktivitas pesantren, diadakan tes untuk mengukur kedalaman materi yang terserap oleh siswi. Berdasar hasil nilainya, perolehan yang tertinggi berhak mendapat hadiah yang telah disediakan. Pada kesempatan tersebut, terpilihlah Zainab Azzakiyah sebagai juara 1, Suud Nawira sebagai juara 2, dan Karimah menjadi juara 3.

 

e0fad7c0-8842-4199-8000-32701c485efc

 

Adanya Pesantren Madrasah ini, merupakan salah satu program SMP Islam Diponegoro Surakarta untuk mengedepankan pendidikan keislaman dan pembentukan karakter islami. Sehingga, masa depan anak cucu kita gilang gemilang, penuh rahmat dan ampunan dari Allah Sang Pemberi Rahmat.

 

Semoga kegiatan ini barokah dan bermanfaat bagi semuanya. Allahumma amin.

 

 

 

 

Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Related Posts

Tertarik Ikut Trial Class untuk Si Kecil? Pahami Dulu Hal Ini
Sebagaimana sifat manusia yang lebih menyukai bukti daripada janji. Itulah mengapa Trial Class diadakan, ingin
KEUTAMAAN MEMBACA AL-QUR’AN
Ramadhan memang sudah habis, tapi kita adalah hamba Allah yang tak ada habis-habisnya. Bulan puasa
TRADISI HALAL BIHALAL YANG TERUS DILESTARIKAN DI YPID
Masih dalam suasana hari Raya Idul Fitri, Senin 9 Mei 2022 bertempat di Gedung Pertemuan