SMA Islam Diponegoro Main Ke Sungai dan Keliling Indonesia

YPID Berita, SMA SMA Islam Diponegoro Main Ke Sungai dan Keliling Indonesia
0 Comments

ada pencemaran apa aja ya di sungai?

Jadi, kemarin tepatnya hari kamis tanggal 24 Agustus, Siswi kelas X IPA dan IPS jalan-jalan ke sungai sebelah sekolah untuk mengamati atau observasi tentang pencemaran lingkungan yang terjadi di sungai tersebut. Setelah mereka melakukan observasi, kemudian mereka membuat sebuah laporan. Eits.. bukan mata pelajaran Biologi kog, tapi mapel Bahasa Indonesia yang masuk ke Bab “Teks Laporan Observasi”. Bersama Ibu Hesti sebagai guru pembimbing mapel Bahasa Indonesia, siswi mencatat indikator-indikator penting mengenai pencemaran lingkungan khususnya sungai, mewawancarai warga sekitar untuk mengetahui dampak pencemaran dan menulis laporan untuk dipresentasikan atau dilaporkan di depan kelas.

salah satu hasil karya siswi tentang penyebaran flora di Indonesia

Kalau tadi kelas X IPA dan IPS jalan-jalan ke sungai samping sekolah, giliran XI IPS yang jalan-jalan. Tidak tanggung-tanggung, siswi kelas XI IPS jalan-jalan berkeliling Indonesia untuk melihat flora dan fauna yang tersebar di Negri kita yang kaya raya ini. Tapi…jalan-jalannya lewat peta aja ya! Dalam mata pelajaran yang dibimbing oleh Ibu Arum, Siswi ditugaskan berkreasi dalam kelompok untuk membuat media penyebaran flora dan fauna yang ada di Indonesia. Tujuannya agar sisiwi lebih mudah memahami penyebaran flora dan fauna di Indonesia dan siswi lebih mudah menghafal hewan dan tumbuhan endemik dari suatu wilayah. Ada yang membuat peta Indonesia dan peta dalam buku lengkap dengan gambar flora dan fauna sesuai dengan tempat/daerah dimana mereka dapat ditemui.

karya kelompok yang lain tentang penyebaran hewan endemik Indonesia

Contohnya kita dapat menemukan Gajah di Pulau Sumatra, Hewan Primata di Kalimantan, banyak Pohon Bakau dan Sagu di Daerah Indonesia Timur. Masya Allah.. Indonesia begitu kaya akan keanekaragaman flora dan fauna yang tersebar ke seluruh negri.  Setelah pengerjaan selama 1 minggu selesai, siswi mempresentasikan karyanya di depan kelas.

SMA Islam Diponegoro merupakan satu-satunya sekolah khusus putri di Kota Surakarta. Dengan sarana dan prasarana yang lengkap, tenaga pendidik yang berkualitas, dan segudang prestasi, SMA Islam Diponegoro siap menjadi Sekolah Terbaik di tingkat sekolah menengah atas.

 

(Miss Dian & Humas)

Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Related Posts

Tertarik Ikut Trial Class untuk Si Kecil? Pahami Dulu Hal Ini
Sebagaimana sifat manusia yang lebih menyukai bukti daripada janji. Itulah mengapa Trial Class diadakan, ingin
KEUTAMAAN MEMBACA AL-QUR’AN
Ramadhan memang sudah habis, tapi kita adalah hamba Allah yang tak ada habis-habisnya. Bulan puasa
TRADISI HALAL BIHALAL YANG TERUS DILESTARIKAN DI YPID
Masih dalam suasana hari Raya Idul Fitri, Senin 9 Mei 2022 bertempat di Gedung Pertemuan