Siswa-siswi YPI Diponegoro Surakarta Sambut Tahun Baru Hijriah

YPID Uncategorized Siswa-siswi YPI Diponegoro Surakarta Sambut Tahun Baru Hijriah
0 Comments

Siswa-siswi YPI Diponegoro Surakarta Sambut Tahun Baru Hijriah

Tak terasa waktu berjalan, kini saatnya kita akan tiba di penghujung akhir tahun 1437 Hijriah. Mulai besok, umat Islam akan memasuki tahun yang baru, yaitu 1 Muharrom 1438 Hijriah. Tahun Hijriah merupakan salah satu hari besar bagi umat Islam. Hal ini untuk mengenang hijrah Rosullullah SAW bersama para sahabat beliau dari Mekah ke Madinah. Dengan tujuan mempertahankan & menegakkan risalah Allah SWT, berupa akidah dan syari’at Islam.

Dalam rangka menyambut tahun baru Hijriah, siswa-siswi di YPI Diponegoro Surakarta pada hari ini, 1 Oktober 2016, turut menggelar acara. Tampak serombongan anak–anak PAUD Terpadu Islam Diponegoro Surakarta yang sedang mengadakan karnaval di sekitar jalan sekolah. Anak-anak sholikh dan sholikhah tersebut berjalan dengan semangat luar biasa. Mereka berjalan beriringan dengan membawa slogan –slogan, yang antara lain bertuliskan :

  1. Kusambut gembira tahun baruku
  2. Tahun baru 1438 H tahun baruku
  3. Semangat baru di tahun baruku

Kegiatan ini bertujuan, diantaranya :

  1. Memakmurkan syiar Islam.
  2. Menjalin silaturrahmi dengan yang ditemui saat karnaval
  3. Menjaga dan memelihara potensi anak – anak sebagai ummat Islam yang berpegang teguh akan nilai –nilai Islam.

whatsapp-image-2016-10-01-at-09-59-14

Tidak hanya itu saja, supaya lebih bermakna, Siswa-siswi YPI Diponegoro Surakarta Sambut Tahun Baru Hijriah dengan membaca doa akhir tahun bersama di Lapangan SD.

whatsapp-image-2016-10-01-at-09-38-47

Doa Akhir Tahun ini sedianya dibaca antara setelah shalat Ashar sampai sebelum Maghrib di hari terakhir di bulan Dzulhijjah. Adapun doanya adalah sebagai berikut :

 

552909a06ea834361f8b4568

 

Artinya:

Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Segala Puji bagi Allah, Tuhan seluruh Alam. Semoga Allah melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami nabi Muhammad SAW, beserta para keluarga dan sahabatnya. Ya Allah, segala yang telah ku kerjakan selama tahun ini dari apa yang menjadi larangan-Mu, sedang kami belum bertaubat, padahal Engkau tidak melupakannya dan Engkau bersabar (dengan kasih sayang-Mu), yang sesungguhnya Engkau berkuasa memberikan siksa untuk saya, dan Engkau telah mengajak saya untuk bertaubat sesudah melakukan maksiat. Karena itu ya Allah, saya mohon ampunan-Mu dan berilah ampunan kepada saya dengan kemurahan-Mu. Segala apa yang telah saya kerjakan, selama tahun ini, berupa amal perbuatan yang Engkau ridhai dan Engkau janjikan akan membalasnya dengan pahala, saya mohon kepada-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pemurah, wahai Dzat Yang Mempunyai Kebesaran dan Kemuliaan, semoga berkenan menerima amal kami dan semoga Engkau tidak memutuskan harapan kami kepada-Mu, wahai Dzat Yang Maha Pemurah. Dan semoga Allah memberikan rahmat dan kesejahteraan atas penghulu kami Muhammad, keluarga dan sahabatnya. Amin yaa rabbal ‘alamin.

 

Sedangkan untuk mengawali tahun (dibaca setelah maghrib, awal tahun), ada doanya juga. Dengan doa ini, kita sebagai seorang Mu’min memohon kepada Allah SWT agar dalam memasuki tahun ini dapat meningkatkan amal kebajikan dan ketakwaan. Berikut doa yang dapat dibaca :

 

552909a06ea834361f8b4569
Artinya:
Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, beserta keluarga dan sahabatnya. Ya Allah Engkaulah Yang Abadi, Dahulu, lagi Awal. Dan hanya kepada anugerah-Mu yang Agung dan Kedermawanan-Mu tempat bergantung. Dan ini tahun baru benar-benar telah datang. Kami memohon kepada-Mu perlindungan dalam tahun ini dari (godaan) setan, kekasih-kekasihnya dan bala tentaranya. Dan kami memohon pertolongan untuk mengalahkan hawa nafsu amarah yang mengajak pada kejahatan, agar kami sibuk melakukan amal yang dapat mendekatkan diri kami kepada-Mu wahai Dzat yang memiliki Keagungan dan Kemuliaan. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, beserta para keluarganya dan sahabatnya. Dan Segala puji milik Allah, Tuhan seluruh alam. Amin yaa rabbal ‘alamin.
Semoga Allah SWT mengijabah doa-doa kita dan semoga seluruh anggota keluarga besar di YPI Diponegoro Surakarta bisa menjadi pribadi yang lebih baik dari yang sebelumnya. Allahumma amin.
Demikian Siswa-siswi YPI Diponegoro Surakarta Sambut Tahun Baru Hijriah.

 

Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Related Posts

SD Islam Diponegoro Borong Medali Pada Olimpiade Sains Tingkat Nasional
Perwakilan SD Islam Diponegoro Surakarta mempersembahkan 3 medali perak & perungu dalam ajang Olimpiade Sains
Langganan Juara, PAUD Terpadu Islam Diponegoro Raih Juara Drum Band Tingkat Se-Eks Karesidenan Surakarta
Alhamdulillah di penghujung Tahun Ajaran 2021/2022 drum band PAUD Terpadu Islam Diponegoro Surakarta meraih Juara
PPDB PAUD TERPADU ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA
Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) PAUD Terpadu Islam Diponegoro Surakarta Tahun Ajaran 2022/2023 telah dibuka