Siap Bersaing dalam Dunia Kerja, SMA Islam Diponegoro Surakarta Terus Bersinergi dengan 3 Kampus Pencetak Pengusaha Sukses

YPID Berita, SMA Siap Bersaing dalam Dunia Kerja, SMA Islam Diponegoro Surakarta Terus Bersinergi dengan 3 Kampus Pencetak Pengusaha Sukses
0 Comments

Mengenali minat dan bakat anak yang duduk di akhir bangku SMP sangatlah penting dikarenakan potensi anak menjadi salah satu dasar untuk menentukan sekolah pendidikan lanjutan setelah SMP. SMA dan SMK menjadi pilihan sekolah lanjutan yang paling populer di era sekarang ini. Siswa yang memilih masuk SMA, harus siap mempelajari berbagai disiplin ilmu yang akan menjadi dasar untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi yakni perguruan tinggi. Sedangkan siswa yang masuk SMK akan mempelajari praktik untuk mengasah keterampilan di suatu bidang yang menjadi modal utama saat ia bekerja langsung di lapangan. Konsep inilah yang menimbulkan pandangan orangtua bahwa “SMA untuk kuliah” dan “SMK untuk kerja”.

Pandangan orangtua terhadap hal tersebut, tidak sepenuhnya benar. Hal ini dikarenakan ada beberapa sekolah SMA yang menerapkan kurikulum kewirausahaan sebagai program unggulan dalam mempersiapkan lulusan SMA yang mampu bersaing dengan lulusan SMK dalam dunia kerja. SMA Islam Diponegoro Surakarta merupakan salah satu sekolah SMA yang mengajarkan pelajaran kewirausahaan pada bidang keahlian tata boga, tata busana, multimedia, serta elektronika dan rekayasa perangkat lunak. Pembelajaran kewirausahaan di SMA Islam Diponegoro Surakarta tidak diajarkan oleh guru melainkan oleh dosen ataupun instruktur ahli dari berbagai perguruan tinggi yang memiliki kredibilitas dalam mencetak pengusaha-pengusaha sukses di bidangnya masing-masing. Tiga perguruan tinggi utama yang telah bersinergi dengan SMA Islam Diponegoro Surakarta dalam mengasah keterampilan dan kewirausahaan peserta didik adalah :

1) Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta (STP Sahid) yang akan membekali keterampilan kerja siswa dalam bidang kuliner atau tata boga

2) Akademi Seni Desain Indonesia (ASDI Surakarta) yang akan membekali keterampilan kerja siswa dalam bidang tata busana

3) Universitas Duta Bangsa (UDB Surakarta) yang akan membekali keterampilan kerja siswa dalam bidang multimedia serta elektronika dan rekayasa perangkat lunak

Kerjasama SMA Islam Diponegoro Surakarta dengan tiga perguruan tinggi tersebut mulai dilaksanakan sejak tahun 2019 yang diinisiasi oleh Ibu Fauziah Warjanti S.Si, M.Pd selaku wakasek kesiswaan periode 2019/2020 melalui penandantangan MoU atau surat perjanjian kerjasama yang berlaku selama dua tahun sehingga akan berakhir pada tahun 2021. Bapak Zakaria Sandy Pamungkas S.Pd., M.Pd selaku wakasek kesiswaan periode sekarang merasakan besarnya manfaat dan dampak kerjasama ini sehingga pada awal tahun 2022, SMA Islam Diponegoro Surakarta melakukan pertemuan dengan tiga perguruan tinggi untuk berkoordinasi sekaligus pemutakhiran perjanjian kerjasama yang dilaksanakan pada hari Kamis, 20 Januari 2022 dan hari Jum’at, 21 Januari 2022. Pertemuan ini juga sekaligus mempererat silaturrahmi antara perguruan tinggi dengan pihak sekolah. Hasil pemutakhiran perjanjian kerjasama dengan tiga perguruan tinggi menghasilkan pembaharuan yang bermanfaat bagi kedua pihak yakni :

1) Lulusan SMA Islam Diponegoro Surakarta akan mendapatkan sertifikat kompetensi yang memuat capaian keahlian siswa sehingga dapat digunakan sebagai dokumen pendukung saat melamar pekerjaan.

2) Berorientasi pada program kampus merdeka belajar sehingga siswa SMA Islam diponegoro Surakarta bisa mengenal dunia perkuliahan lebih dulu dan bisa belajar dengan menggunakan fasilitas yang tersedia di kampus melalui program yang telah tersedia.

3) Wadah sosialisasi perguruan tinggi dalam mengenalkan program studinya sehingga lulusan SMA Islam Diponegoro Surakarta bisa langsung melanjutkan ke perguruan tinggi tersebut untuk memperdalam kemampuan dan keterampilannya.

Pak Ahmadi selaku kepala sekolah SMA Islam Diponegoro Surakarta mengatakan bahwa sinergi antara sekolah dengan pendidikan tinggi merupakan kesempatan yang sangat baik untuk meningkatkan pelayananan pendidikan kewirausahaan sehingga lulusan SMA Islam Diponegoro Surakarta juga mampu bersaing di dunia kerja, menciptakan produk unggul, membuka peluang usaha baru yang diterima masyarakat, atau memperdalam kemampuan dan keterampilan kewirausahaan dengan cara melanjutkan ke perguruan tinggi. Semoga dengan terus terjalinnya silaturahmi dan sinergi antara SMA Islam Diponegoro Surakarta dan Perguruan Tinggi akan membawa keberkahan dan kebermanfaatan untuk kedua belah pihak. Aamin.

 

Penulis : Zakaria Sandy Pamungkas., M.Pd

Beliau adalah guru fisika di SMA Islam Diponegoro Surakarta. Pria kelahiran Jember 1995 yang menyelesaikan studi S1 dan S2 dengan predikat pujian ini memiliki 18 prestasi dalam perlombaan literasi dan akademik baik di tingkat nasional maupun internasional. Guru yang menjadi pembina literasi nasional dalam acara Gerakan Sekolah Menulis.

Konten ini telah tayang di Kompasiana.com dengan judul “Siap bersaing dalam dunia kerja, SMA Islam Diponegoro Surakarta Terus Bersinergi dengan Tiga Kampus Pencetak Pengusaha Baru Sukses”, Klik untuk baca :
https://www.kompasiana.com/pegiatliterasismadip/61eb5a6e80a65a0ae005d832/siap-bersaing-dalam-dunia-kerja-sma-islam-diponegoro-surakarta-terus-bersinergi-dengan-tiga-kampus-pencetak-pengusaha-baru-sukses?page=all#section1

Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Related Posts

Langganan Juara, PAUD Terpadu Islam Diponegoro Raih Juara Drum Band Tingkat Se-Eks Karesidenan Surakarta
Alhamdulillah di penghujung Tahun Ajaran 2021/2022 drum band PAUD Terpadu Islam Diponegoro Surakarta meraih Juara
PPDB PAUD TERPADU ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA
Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) PAUD Terpadu Islam Diponegoro Surakarta Tahun Ajaran 2022/2023 telah dibuka
Hari Kebangkitan Nasional 114 Tahun
Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang ke-114 pada tanggal 20 Mei 2022 dengan tema “Ayo