Serba Putih, PAUD Terpadu Islam Diponegoro Manasik Haji di Masjid Agung

YPID Berita, Paud Terpadu Serba Putih, PAUD Terpadu Islam Diponegoro Manasik Haji di Masjid Agung
0 Comments

tenda di arafah

Selasa Pagi, tanggal 12 September ada yang berbeda di Masjid Agung Surakarta. Terlihat  pemandangan tak biasa atau bisa dikatakan istimewa. Subhanallah..pemandangan lautan putih anak-anak PAUD Terpadu  Islam Diponegoro. Bukan hanya anak-anaknya saja, guru, karyawan, dan komite juga mengenakan pakaian serba putih loh. Ada apa gerangan?? Oh..ternyata ada kegiatan manasik haji yang diikuti oleh seluruh murid PAUD Terpadu Islam Diponegoro.

mengitari ka’bah

Anak-anak yang tergabung dalam layanan program TK Pembina melaksanakan kegiatan manasik haji. Mereka berpakaian ihrom sebagaimana pakaian yang dikenakan orang untuk berhaji. Manasik yang dipimpin oleh Ustad Ali Zabidi memiliki tata cara persis beribadah haji di Tanah Suci termasuk membaca niat saat akan melakukan rukun haji dan ibadah-ibadah lainnya. Dengan antusias anak-anak mengikuti rukun demi rukun yang dicontohkan Ustad Ali dan bunda-bunda. Dan bersabar menunggu antrian, terutama saat lempar jumroh. Masya Allah..

lempar jumrah

Bunda Fatimah, Kepala Sekolah PAUD TI Diponegoro menjelaskan selain untuk menanamkan nilai agama dan moral, juga dapat mengenalkan pelaksanaan haji secara lengkap. “Kegiatan ini memiliki beberapa tujuan ya, antara lain menanamkan nilai agama dan moral yang kuat sejak dini. Karena Ibadah Haji merupakan rukun Islam kelima sebgai tanda penyempurnaan keislaman seseorang.” Ungkap Bunda Fat. “Anak-anak juga bisa mengenal ritual ibadah haji baik dari materi, praktek, tata tertib Haji, serta doa-doa yang dibaca ketika melaksanakan ibadah haji. Dan yang tidak kalah penting, kegiatan ini melatih anak untuk bersabar, disiplin, dan kompak”. Lanjut beliau.

makan bersama setelah manasik

Kegiatan yang dimulai pukul 08.00 hingga 10.00 ini ditutup dengan makan bersama di pelataran Masjid Agung. Alhamdulillah, setelah kegiatan manasik ini selesai anak-anak pulang dengan membawa pengalaman dan insya Allah sudah siap berhaji semua ya..  🙂

berdoa sebelum pulang

PAUD Terpadu Islam Diponegoro memahami pentingnya perlakuan yang tepat dalam memaksimalkan proses perkembangan otak, kejiwaan dan pembentukan karakter yang positif atau akhaqul karimah. PAUD Terpadu Islam Diponegoro bertekad untuk berkontribusi membentuk generasi Islami yang tangguh, berakhlak mulia dan memiliki karakter positif, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta berjiwa nasionalisme. PAUD Terpadu Islam Diponegoro telah lebih dari 5 tahun ditunjuk oleh Pemerintah Kota Surakarta sebagai TK Pembina di Surakarta. Dan sejak tahun 2015 ditunjuk sebagai percontohan PAUD Holistik dan Ramah Anak. Hal ini bisa diraih karena PAUD Terpadu Islam Diponegoro menerapkan berbagai pelatihan yang berkesinambungan dalam usaha meningkatkan mutu dan nilai spiritual guru dan karyawannya. PAUD Terpadu Islam Diponegoro, Insya Allah mampu menjadi tempat yang ideal bagi tumbuh kembang anak Anda.

(Humas)

Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Related Posts

Langganan Juara, PAUD Terpadu Islam Diponegoro Raih Juara Drum Band Tingkat Se-Eks Karesidenan Surakarta
Alhamdulillah di penghujung Tahun Ajaran 2021/2022 drum band PAUD Terpadu Islam Diponegoro Surakarta meraih Juara
PPDB PAUD TERPADU ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA
Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) PAUD Terpadu Islam Diponegoro Surakarta Tahun Ajaran 2022/2023 telah dibuka
Hari Kebangkitan Nasional 114 Tahun
Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang ke-114 pada tanggal 20 Mei 2022 dengan tema “Ayo