Raih Medali Emas Olimpiade Internasional Siswi SMA Islam Diponegoro Surakarta Sisihkan 23 Finalis dari 10 Negara

YPID Berita, prestasi, SMA Raih Medali Emas Olimpiade Internasional Siswi SMA Islam Diponegoro Surakarta Sisihkan 23 Finalis dari 10 Negara
0 Comments

Alhamdulillah kembali sebuah prestasi membanggakan tingkat internasional diukir oleh siswi SMA Islam Diponegoro Surakarta dalam ajang International STEM Innovation Olympiad (ISIO) yang diselenggarakan oleh Organizing Center for STEM Olympiad (OCSO). Fatimah Syahira dari kelas XII IPA dan Najwa Khanan dari kelas XII IPS berhasil meraih penghargaan tertinggi berupa Medali Emas dengan mempresentasikan karya ilmiah yang diberi judul berjudul “The Effect of Modification Toddler Snack Using Local Food Uwi Tuber and Moringa Leaves as an Effort to Prevent Stunting in Indonesia”.

Mereka berdua telah melakukan presentasi dan menjawab pertanyaan-pertanyaan secara daring dengan menggunakan bahasa Inggris dari para dewan juri level internasional pada hari Minggu, 29 Januari 2023.

 

Dalam kompetisi ini, Syahira dan Khanan, berusaha memberikan solusi permasalahan stunting yaitu kondisi gagal tumbuh kembang pada anak balita akibat dari kekurangan gizi yang angkanya masih sangat tinggi di Indonesia. Mereka berdua mencoba memanfaatkan bahan lokal yaitu tepung uwi dan tepung dari bahan dasar daun kelor untuk dibuat menjadi kue coklat yang enak dan lezat yang digemari oleh balita. Kompetisi internasional yang pengumuman pemenangnya dilaksanakan pada Kamis, 2 Februari 2023 ini diikuti oleh puluhan negara di seluruh dunia dan hanya 24 peserta dari 10 negara yang berhasil menembus ke babak final termasuk Fatimah Syahira dan Najwa Khanan dari Indonesia.

Prestasi gemilang ini tak lepas dari kerja keras para guru IPA selaku pembimbing mereka yaitu, Zakaria Sandy Pamungkas, M.Pd dan Astin Putri S., S.Pd. serta Fatimah M.M (Ms. Tammy) sebagai guru pembimbing bahasa Inggris. Syahira dan Khanan berhasil menjadi yang tebaik dan meraih medali Emas di ajang ini dengan mengalahkan banyak pesaing dari berbagai negara, seperti Amerika Serikat, Rumania, Uzbekistan, Bulgaria, Filipina, Malaysia, Thailand, Elsavador, Peru, dan Indonesia.

Prestasi ini tentu saja menjadi kebanggaan tersendiri bagi SMA Islam Diponegoro Surakarta yang dibawah kepemimpinan Ahmadi, S.Pd sekolah ini juga pernah meraih medali perak pada kompetisi internasional beberapa waktu silam dan belum lama juga meraih Juara 1 Nasional di ajang Lomba Essai Karya Ilmiah serta Juara 1 Kompetisi Bola Basket tingkat Kota Surakarta.

Semoga prestasi-prestasi ini menjadi motivasi bagi siswa-siswi SMA Islam Diponegoro Surakarta untuk dapat terus mencapai prestasi terbaik lagi dimasa mendatang dengan dukungan ikhtiar dan doa dari semua pihak.

Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Related Posts

Selamat Menyambut Bulan Suci Ramadhan 1445 H
✨[𝗦𝗲𝗹𝗮𝗺𝗮𝘁 𝗠𝗲𝗻𝘆𝗮𝗺𝗯𝘂𝘁 𝗕𝘂𝗹𝗮𝗻 𝗦𝘂𝗰𝗶 𝗥𝗮𝗺𝗮𝗱𝗵𝗮𝗻 𝟭𝟰𝟰𝟱 𝗛 ] ✨ 𝘔𝘢𝘳𝘩𝘢𝘣𝘢𝘯 𝘠𝘢𝘢 𝘙𝘢𝘮𝘢𝘥𝘩𝘢𝘯 Kami Segenap Keluarga
Tim Basket SMP Islam Diponegoro Surakarta Meraih Juara 2 pada Ajang Liga Solo Junior 2024
✨[2nd WINNER LIGA SOLO JUNIOR 2024]✨ Alhamdulillah… Kabar bahagia teruntuk keluarga besar SMP Islam Diponegoro
Tim Basket SD Islam Diponegoro Surakarta Meraih Juara 1 pada Ajang Liga Solo Junior 2024
✨[1st WINNER LIGA SOLO JUNIOR 2024]✨ Alhamdulillah… Tim Basket SD Islam Diponegoro Surakarta yang selalu