Puskesmas Sangkrah Sosialisasikan Penyakit Anemia di SMA Islam Diponegoro

YPID Berita, SMA Puskesmas Sangkrah Sosialisasikan Penyakit Anemia di SMA Islam Diponegoro
0 Comments

Sosialisasi Anemia oleh Puskesmas Sangkrah

SMA Islam Diponegoro bekerjasama dengan Puskesmas Sangkrah, Pasar Kliwon mengadakan sosialisasi kesehatan mengenai penyakit yang sering dijumpai dan dialami oleh masyarakat khususnya wanita, yaitu Anemia. Bertempat di Aula SMA Islam Diponegoro, Jum’at 24 Maret 2017 yang lalu, sebanyak 30 siswi yang merupakan perwakilan dari kelas X, XI, dan XII menyimak penjelasan yang disampaikan oleh praktisi kesehatan dari Puskesmas Sangkrah. Kegiatan ini dimaksudkan  agar para siswi lebih mengetahui tentang  bahaya penyakit anemia yang bisa menurunkan konsentrasi dan prestasi pelajar . Sehingga siswi bisa berupaya untuk  menanggulangi sejak dini dengan penerapkan pola makan dan pola hidup yang baik dan sehat.

memeriksa anemia secara cepat dengan menekan jari-jari tangan

Anemia adalah kondisi di mana jumlah sel darah merah atau hemoglobin (protein pembawa oksigen) dalam sel darah merah berada di bawah normal. Sel darah merah mengandung hemoglobin yang berperan dalam mengangkut oksigen dari paru-paru dan mengantarkannya ke seluruh bagian tubuh. Akibat dari anemia adalah transportasi sel darah merah akan terganggu dan jaringan tubuh si penderita anemia akan mengalami kekurangan oksigen guna mengahasilkan energi. Maka tidak mengeherankan jika gejala anemia ditunjukan dengan merasa cepat lelah, pucat, gelisah, dan terkadang sesak. Serta ditandai dengan warna pucat di beberapa bagian tubuh seperti lidah, ujung jari dan kelopak mata. Penyebab umum dari anemia antara lain; kekurangan zat besi, pendarahan hebat, haid berlebih, genetik, kekurangan vitamin B12, kekuarangan asam folat, gangguan sumsum tulang.

Waksek Kesiswaan Himatul Aliyah,S.PdI berharap siswi bisa lebih menjaga kesehatan setelah mendengarkan sosialisasi dari Puskesmas Sangkrah “Sosialisasi penyakit anemia ini Insya Allah sangat bermanfaat  untuk anak-anak kami di SMA Islam Diponegoro Surakarta. Dengan kegiatan ini diharapkan anak-anak lebih bisa menjaga kesehatan diri melalui pola makan dan pola hidup yang sehat , sehingga bisa mencapai prestasi secara maksimal”. Ungkap beliau

Saat ditemui setelah kegiatan sosialisasi usai, salah satu siswi mengaku menjadi lebih tahu cara mencegah anemia. “Dengan sosialisasi ini, kita menjadi tau bagaimana caranya mencegah anemia , sehingga kita bisa menjadi remaja yang  berprestasi ,  cantik  dan berseri tanpa anemia“ Sakinah, siswi kelas XI IPS.

SMA Islam Diponegoro merupakan satu-satunya sekolah khusus putri di Kota Surakarta. Dengan sarana dan prasarana yang lengkap, tenaga pendidik yang berkualitas, dan segudang prestasi, SMA Islam Diponegoro siap menjadi Sekolah Terbaik di tingkat sekolah menengah atas.

Semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT, Aamiin..

 

(Red. Ibu Hima & Humas)

Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Related Posts

Tertarik Ikut Trial Class untuk Si Kecil? Pahami Dulu Hal Ini
Sebagaimana sifat manusia yang lebih menyukai bukti daripada janji. Itulah mengapa Trial Class diadakan, ingin
KEUTAMAAN MEMBACA AL-QUR’AN
Ramadhan memang sudah habis, tapi kita adalah hamba Allah yang tak ada habis-habisnya. Bulan puasa
TRADISI HALAL BIHALAL YANG TERUS DILESTARIKAN DI YPID
Masih dalam suasana hari Raya Idul Fitri, Senin 9 Mei 2022 bertempat di Gedung Pertemuan