Senin, 13 Januari 2020 Tim Ekstrakurikuler Jurnalistik SMA Islam Dipoengoro Surakarta mengadakan Field Trip (kunjungan lapangan) ke Solopos. Kegiatan dilaksanakan di Griya Solopos (Harian Umum Solopos) yang beralamat di Jl. Adi Sucipto, Karangasem, Kec. Laweyan, Kota Surakarta, Jawa Tengah 57145 dan diikuti oleh 15 siswi Jurnalistik dan guru pembimbing ekskul Jurnalistik.

Dalam kegiatan ini siswi diajak untuk lebih mendalami tentang ilmu kejurnalistikan dengan mendengarkan penjelasan narasumber dari pihak Solopos. Dalam kegiatan ini siswa juga diajak berkeliling menuju bagian-bagian ruangan kantor Solopos yang digunakan untuk proses pembuatan berita yang nantinya dapat dinikmati oleh masyarakat luas. Saffa Abdullah Abdad kelas XI IPS menuturkan bahwa kegiatan Field Trip ke Solopos ini sangat membawa manfaat yang besar, karena sebagai siswi yang tertarik dalam dunia jurnalistik, kunjungan lapangan ini sebagai langkah awal dalam menumbuhkan kecintaannya terhadap kejurnalistikan, siswi menjadi tahu gambaran bagaimana berita yang ada di masyarakat diolah mulai dari perburuan wartawan pada informasi-informasi yang unik, menarik, dan bermanfaat, hingga masuk ke redaktur untuk diolah apakah berita yang didapatkan layak untuk ditampilkan ke khalayak masyarakat, serta hingga proses percetakan baik cara maupun sitematikanya baik dari bahan dan kuantitas yang harus di cetak. Hal senada juga disampaikan oleh Bapak Anggit Wahyu Wijanarko, S.Pd selaku pembimbing ekskul Jurnalistik SMA Islam Diponegoro bahwa, Alhamdulillah sekolah sangat mendukung kegiatan Field Trip ke Solopos oleh Tim Jurnalistik.

Kunjungan ke Solopos ini sebagai langkah awal dalam memotivasi siswa untuk mencintai dunia kejurnalistikan sehingga nantinya siswa memiliki gambaran bagaimana dunia jurnalistik dalam menyampaikan informasi bekerja, disamping itu kunjungan lapangan ke Solopos ini dapat menjadi penyegaran wawasan siswa dengan cara melihat langsung ilmu jurnalistik tersebut, jadi tidak hanya mendengar dan membayangkan saja. Harapannya setelah kegiatan ini ke depannya Tim Jurnalistik SMA Islam Diponegoro Surakarta mampu menghasilkan karya-karya jurnalistik yang kreatif dan inovatif dan menjadi media yang positif bagi seluruh siswi dan juga bapak ibu guru untuk menuangkan ide dan gagasanya sehingga mampu mendorong kemajuan sekolah, demikan paparnya.

Leave a Reply

 

Serahkan Pendidikan Anak Anda Kepada Ahlinya