CALL CENTER
HUMAS YPID
0878 3636 4848
[email protected]

LILIN ZODIA PENGUSIR NYAMUK MULTIFUNGSI KARYA SMP ISLAM DIPONEGORO RAIH JUARA DALAM AJANG KRENOVA TINGKAT KOTA SURAKARTA 2019

Dalam rangka mewujudkan Kota Surakarta sebagai kota budaya, mandiri, maju dan sejahtera, perlu di dorong penguatan basis produksi masyarakat yang ditopang dengan sarana produksi, teknologi, dan inovasi yang handal. Untuk itu perlu upaya peningkatan kreativitas dan inovasi teknologi yang bermaafaat dan mudah diterapkan oleh masyarakat. Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah Kota Surakarta berupaya mendorong masyarakat untuk melakukan kreativitas dan inovasi melalui Lomba Kreativitas dan Inovasi (KRENOVA)
Pada KRENOVA kali ini tema yang diusung adalah ‘Kreativitas dan Inovasi Untuk Membangun Budaya Ipteks di Surakarta’. Dengan diusungnya tema ini akan mendorong terwujudnya generasi bangsa yang kreatif dan inovatif. Dalam lomba kali ini produk/materi yang dihasilkan dari peserta lomba diharapkan akan dapat diterima di industri dan dimanfaatkan oleh masyarakat.

Dalam ajang yang dimulai dari tanggal 31 Juli – 1 Agustus 2019 di Technopark Solo ini Alhamdulillah SMP Islam Diponegoro Surakarta berhasil meraih Juara Harapan 2 Tingkat Kota Surakarta dengan produk yang dihasilkan adalah LILIN ZODIA PENGUSIR NYAMUK MULTIFUNGSI. Karya ini adalah kreatifitas dan inovasi pemanfaatan daun Zodia atau yang memiliki nama ilmiah Evodia Sauveolens ini diubah menjadi lilin multifungsi pengusir nyamuk yang ramah lingkungan. Karya hebat ini disusun oleh ananda Yasmine Malica, Zaenah Najwa, Afifah Shafa Yasmin, Aisyah Khoirunnisa, dan Aidida Zahira Munawaroh siswi SMP Islam Diponegoro Surakarta. Kelima siswi ini tidak sendiri, mereka di bimbing oleh guru hebat yaitu Ibu Arnita Cahya S, M.Pd.

(Hasil Karya Siswi SMP Islam Diponegoro yaitu LINZO Lilin Zodia)

 

(Bersama Bapak Fikri Nahdi, S.T Selaku Dewan Pengurus YPID)

 

Prestasi ini sangat membanggakan karena pada kompetisi ini untuk kategori pelajar diikuti oleh hampir seluruh SMA dan SMP favorit di Surakarta. Selain itu hal yang menggembirakan adalah pada KRENOVA kali ini Diponegoro mengirimkan 5 Kelompok yaitu 4 dari SMP dan 1 dari SMA hal ini sekaligus sebagai sekolah yang mengirimkan delegasi terbanyak pada kategori pelajar. Jumlah peserta untuk pelajar (SMP & SMA) sebanyak 30 tim dan jumlah peserta Masyarakat Umum/Mahasiswa sebanyak 35 tim. Aspek kegiatan KRENOVA ini mencakup semua hasil kreativitas dan inovasi yang dilakukan oleh pelajar dan masyarakat Kota Surakarta baik secara individu/perorangan maupun kelompok di bidang IPTEK dan penerapan meliputi aspek : Agribisnis dan Pangan, Energi, Kesehatan, Obat-obatan dan Kosmetika, Rekayasa dan Manufaktur, Pendidikan, Kehutanan dan Lingkungan Hidup, Kelautan dan Perikanan, Kerajinan dan Industri Rumah Tangga, serta Sosial.

(Perwakilan Siswi SMA Islam Diponegoro Surakarta)

 

(Bu Arnita Saat Menerima Juara Harapan 2)

Bagi karya yang terpilih akan diberikan kesempatan untuk pengembangan lanjutan oleh BAPPEDA Kota Surakarta. Pemenang akan diberi pelatihan untuk meningkatkan mutu produk yang dihasilkan melalu pendampingan dari BAPPEDA Surakarta. Dan bagi peserta yang produknya layak diproduksi masa akan diberi kesempatan memperoleh legalisasi produk seperti PIRT. Serta bagi peserta yang produknya masih bisa ditingkatkan baik mutu maupun cara produksinya akan mendapatkan pendampingan dan fasilitas pengurusan dari HKI.

(Bersama Seluruh Pemenang KRENOVA)

 

PROSES PEMBUATAN LILIN ZODIA (LINZO) 

   

 

Leave a Reply