Lewat FGD, Guru YPID Sharing Metode Pembelajaran

YPID Berita, Yayasan Lewat FGD, Guru YPID Sharing Metode Pembelajaran
0 Comments

Metode pembelajaran di dunia pendidikan memang sangat beraneka ragam, termasuk yang diterapkan oleh guru-guru di lingkungan Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro. Begitu banyak metode pembelajaran yang di terapkan di Sekolah Islam Diponegoro baik itu unit TK & KB, SD, SMP, maupun SMA. Hari Sabtu , 21 Januari 2017, bertempat di Aula Man Jadda Wajadda, Guru YPID dari semua unit melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) mengenai metode pembelajaran. Acara yang dibuka oleh Bapak Abu Bakar Husein (Direktur YPID) dan Ibu Soelistio Wati (Pemberdayaan SDM) ini memiliki 2 materi yang didiskusikan. Materi tersebut akan disampaikan oleh Ibu Dina Nur Adilah dari unit SMP dan Wendy Dian Patriana dari unit SD.

pembukaan FGD

Materi pertama yang disampaikan adalah Metode pembelajaran Guided Note Taking sebagai alternatif pembelajaran Fisika kelas 9. Metode ini secara tidak langsung membuat murid-murid selalu ingin memperhatikan pelajaran atau penjelasan yang diberikan oleh guru saat mengajar di kelas. Sehingga tujuan dari mengajar dari pengajar dapat tercapai. Guided Note Taking ini sudah diterapkan oleh Ibu Dina di dalam kelas.

FGD 1tanya jawab FGD 1

Materi kedua adalah Strategi penguasaan kelas untuk mencapai pembelajaran IPA yang efektif dan berkualitas pada materi sumber daya alam kelas 3. Melakukan pengamatan terhadap lingkungan sekolah menjadi mata kunci metode pembelajaran ini. Dengan mengamati lingkungan sekitarnya, murid dapat menumbuhkan rasa ingin tahu, menumbuhkan sikap cinta lingkungan, dan melakukan proses belajar terstruktur dari pengamatan hingga mendapatkan solusi dari permasalahan. Ibu Wendy menjelaskan bahwa dengan metode ini murid-murid lebih enjoy mengikuti pelajaran dan pesan yang disampaikan oleh guru akan lebih cepat tersampaikan.

FGD 2

tanya jawab fgd 2Diakhir acara Bapak Abu Bakar Husein memberikan ucapan terimakasih kepada kedua pemateri sekaligus menutup acara FGD guru-guru di lingkungan YPID.

 

peserta FGDpenyerahan ucapan terimakasih

Semoga ilmu nya bermanfaat untuk semua ya, Aamiin

(Humas)

Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Related Posts

Hari Kebangkitan Nasional 114 Tahun
Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang ke-114 pada tanggal 20 Mei 2022 dengan tema “Ayo
PPDB SMA ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA
Kenapa harus memilih SMA Islam Diponegoro? Karena SMA Islam Diponegoro memiliki 5 program unggulan berikut
PPDB SMP ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA
Kalau bukan di SMP Islam Diponegoro di mana lagi? Kalau bukan sekarang kapan lagi? Tunggu