Pembelajaran di abad 21 ini memiliki perbedaan dengan pembelajaran di masa yang lalu. Dahulu, pembelajaran dilakukan tanpa memperhatikan standar, sedangkan kini memerlukan standar sebagai acuan untuk mencapai tujuan pembelajaran. Melalui standar yang telah ditetapkan, guru mempunyai pedoman yang pasti tentang apa yang diajarkan dan yang hendak dicapai. Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi telah merubah gaya hidup manusia, baik dalam bekerja, bersosialisasi, bermain maupun belajar. Memasuki abad 21 kemajuan teknologi tersebut telah memasuki berbagai sendi kehidupan, tidak terkecuali dibidang pendidikan.

Guru dan siswa, dosen dan mahasiswa, pendidik dan peserta didik dituntut memiliki kemampuan belajar mengajar di abad 21 ini. Sejumlah tantangan dan peluang harus dihadapi siswa dan guru agar dapat bertahan dalam abad pengetahuan di era informasi ini (Yana, 2013).

Seperti yang dilakukan oleh guru kreatif SD Islam Diponegoro Surakarta yaitu Ibu Cos’ma Arif Hidayatul L S.Pd dalam pembelajaran yang beliau terapkan. Pada pembelajaran tematik Tema 7 kali ini, siswi diajak untuk membuat sebuah Video Pembelajaran yang bertema Pahlawan. Dalam video pembelajaran tersebut, siswi juga ikut memerankan tokoh pahlawan yang mereka ambil. Tidak hanya memerankan tokoh pahlawan, tetapi mereka juga ikut terlibat dalam proses pengambilan gambar sampai editing video. Dalam pembuatannya, orang tua juga dilibatkan untuk membantu mengarahkan putrinya. Tujuan dari kegiatan ini selain untuk melatih kekompakan orang tua dengan guru maupun putra putrinya juga untuk memahamkan peserta didik akan perjuangan para pahlawan. Selain itu banyak sekali nilai yang dapat ditanamkan kepada peserta didik, mulai dari kerjasama, pantang menyerah, kreativitas, kedisiplinan dan menumbuhkan jiwa nasionalisme peserta didik. Dengan kegiatan semacam ini juga berperan secara aktif mengembangkan minat dan potensi yang dimiliki peserta didik.

Nah, dan kali ini kami akan mempersembahkan sebuah karya dari kelas 5D SD Islam Diponegoro Surakarta #SEKOLAHNYAPARAJUARA yang mengambil salah satu Tokoh Pahlawan Pendidikan Indonesia, yaitu Bapak Ki Hajar Dewantara.

 

TEKAN LINK DIBAWAH INI UNTUK MENONTON VIDEO :

HAPPY WATCHING & ENJOYED THE VIDEO!

 

Leave a Reply

 

Serahkan Pendidikan Anak Anda Kepada Ahlinya