Inovasi Penyelenggaraan Penilaian Akhir Semester SMA Islam Diponegoro Surakarta Berbasis Android

YPID Berita, SMA Inovasi Penyelenggaraan Penilaian Akhir Semester SMA Islam Diponegoro Surakarta Berbasis Android
0 Comments

Inovasi penyelenggaraan Penilaian Akhir Semester berbasis android tahun pelajaran 2021/2022 dilakukan oleh SMA Islam Diponegoro Surakarta. Ketua Pelaksana PAS Berbasis Android sekaligus Wakasek Kurikulum SMA Islam Diponegoro Surakarta Fatimah Farchana., S.Pd mengungkapkan pelaksanaan PAS menggunakan smartphone saat PTM sudah dilakukan sejak pada hari Rabu, 1 Desember 2021. “Dalam dua hari ini, meski pun ada sedikit kendala, namun pelaksanaan PAS berbasis android ini secara umum sukses,” ungkap Ibu Fatimah Farchana.

Langkah pihak sekolah melakukan inovasi PAS berbasis android tersebut, menurut Bapak Ahmadi., S.Pd selaku Kepala Sekolah, “agar pelaksanaan ujian semakin mudah dan modern. Diharapkan para siswa maupun guru SMA Islam Diponegoro Surakarta ke depannya memiliki kemampuan literasi ICT sebagai kemampuan penting dalam menghadapi tantangan kemajuan zaman karena teknologi saat ini begitu pesat, tidak bisa dibendung,” tambahnya.


Selain memiliki kelebihan, pelaksanaan PAS berbasis android memiliki kelemahan, potensi kecurangan karena memungkinkan siswa untuk menggunakan browser internet. Oleh karena itu, guru-guru SMA Islam Diponegoro Surakarta menekankan aspek karakter kepada peserta didiknya bahwa kemudahan dan kemajuan teknologi untuk tidak dimanfaatkan dalam hal keburukan seperti mencontek. Penekanan tentang sekolah untuk mencari ilmu bukan mencari nilai menjadi alasan yang kuat agar siswa mengerjakan mandiri dan benar-benar berusaha dengan kemampuannya sendiri.

Melalui terobosan itu, diharapkan digitalisasi pendidikan di SMA Islam Diponegoro Surakarta segera terealisasi agar semakin terdepan dalam penggunaan teknologi, serta meningkatkan mutu para peserta didiknya, serta sumber daya manusia (SDM) pendidik maupun karyawan.

Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Related Posts

SEMINAR INTERNASIONAL BERSAMA WESTERN SYDNEY UNIVERSITY
Yayasan pendidikan Islam Diponegoro Surakarta mengadakan Seminar Internasional dengan bertemakan “Teacher Knowledge in Teaching Multimodal
PERSAMI Sebagai Salah Satu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Dalam rangka mewujudkan visi pendidikan Indonesia yakni, mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian
MOMEN MANIS AYAH BUNDA SAAT HABISKAN WAKTU BERSAMA DENGAN BUAH HATI DALAM PROGRAM FAMILY CAMP
PAUD Terpadu Islam Diponegoro Surakarta selalu memberikan kejutan melalui kegiatan yang keren dan menyenangkan untuk