Guru SMP dan SMA Islam Diponegoro Borong Juara Lomba Inovasi Literasi UNS Tingkat Nasional

YPID Berita, prestasi, SMA, SMP Guru SMP dan SMA Islam Diponegoro Borong Juara Lomba Inovasi Literasi UNS Tingkat Nasional
0 Comments

Alhamdulillahi Rabbil ‘alamin, tiga guru SMP Islam Diponegoro dan satu guru SMA Islam Diponegoro Surakarta menjadi juara dalam Lomba Inovasi Literasi Tingkat Nasional (LILN) yang diselenggarakan oleh UPT Perpustakaan Universitas Sebelas Maret (UNS). Kegiatan ini merupakan kegiatan yang diadakan dalam rangka Dies Natalis UNS ke-46 dan diikuti oleh berbagai peserta dari berbagai daerah di Indonesia.

Lomba Inovasi Literasi Nasional (LILN) tahun 2022 mengambil tema Inovasi Literasi untuk Kemajuan Negeri. Lomba ini diselenggarakan dengan enam kategori lomba yaitu kategori literasi membaca dan menulis, literasi sains, literasi numerasi, literasi finansial, literasi digital, serta literasi budaya dan kewargaan. Alhamdulillah, hasil terbaik didapatkan setelah melalui seleksi naskah dan menjadi finalis yang mempresentasikan karyanya di hadapan dewan juri pada hari Kamis, 28 April 2022. Hasil kejuaraan yang berhasil diraih adalah sebagai berikut.

1. Ibu Sumaya, S.Pd., guru bahasa Inggris sekaligus wakil kepala sekolah bidang kurikulum SMP Islam Diponegoro berhasil meraih juara 2 pada kategori lomba literasi digital.

2 Ibu Arnita Cahya Saputri, M.Pd., guru IPA SMP Islam Diponegoro berhasil meraih juara 1 dalam kategori lomba literasi numerasi.

3. Ibu Winda Dewi Pusvita, M.Pd., guru Bahasa Indonesia SMP Islam Diponegoro berhasil meraih juara 2 dalam kategori lomba literasi membaca dan menulis.

4. Bapak Zakaria Sandy Pamungkas, M.Pd., guru fisika sekaligus wakil kepala sekolah bidang kesiswaan SMA Islam Diponegoro berhasil meraih juara 1 dalam kategori lomba literasi sains.

Ibu Sumaya, S.Pd., meraih juara 2 dengan karyanya yang berjudul Kolaborasi Wordwall dengan TROLLS Game membangun keaktifan siswa di SMP Islam Diponegoro Surakarta. Inovasi Literasi Digital dilakukan Ibu Sumaya dengan mengolaborasikan Wordwall Game dengan TROLLS Game yang dilakukan menggunakan strategi melalui Board Game ular tangga raksasa dan Kartu. Kegiatan ini juga mengembangkan kemampuan membangun kerja sama tim dalam mengambil keputusan secara sinergis dan bertanggung jawab dengan strategi Get a Star (Raihlah Bintang) dan model Pembelajaran Blended Learning. Pembelajaran dengan memainkan TROLLS Game yang dipadukan Wordwall Game ini mampu membuat siswa dapat semangat dan lebih percaya diri. Learning Loss of Students juga dapat diatasi dengan permainan yang seru karena siswa berlomba-lomba untuk meraih puncak skor 100 di Game Board Ular Tangga Raksasa. Siswa pun semakin termotivasi dalam belajar dan kemampuan literasi digital dapat meningkat.

Ibu Arnita Cahya Saputri, M.Pd. berhasil meraih juara 1 dengan karyanya yang berjudul Pemanfaatan Math City Map (MCM) untuk Meningkatkan Keterampilan Literasi Numerasi Siswa di Indonesia. Aplikasi Math City Map (MCM) merupakan aplikasi yang digunakan untuk melatihkan literasi Numerasi melalui pembelajaran dengan membuat Math Trail berdasarkan Global Positioning System (GPS). MCM yang dikembangkan di Jerman telah digunakan di berbagai negara termasuk di Indonesia. Di Indonesia, telah tersedia Math Trail di berbagai tempat publik berbagai kota yang dapat dimanfaatkan siswa untuk belajar secara menyenangkan di lingkungan outdoor. Harapannya aplikasi MCM dapat digunakan oleh banyak guru di Indonesia untuk membiasakan siswa memiliki keterampilan literasi numerasi pada semua mata pelajaran.

Ibu Winda Dewi Pusvita, M.Pd. meraih Juara 2 dalam bidang lomba literasi membaca dan menulis dengan karyanya yang berjudul Media Movie dan Kartu aksara sebagai Jembatan Literasi Baca Tulis Peserta Didik Tunarungu. Media MOVIE ( moving visual education) dan Kartu Aksara merupakan inovasi kolaborasi dua media untuk meningkatkan literasi membaca dan menulis peserta didik tunarungu taraf berat. MOVIE adalah media yang memanfaatkan aplikasi Microsoft Office (power point) dengan tampilan bergerak mirip animasi. Sedangkan Kartu Aksara merupakan media kartu bergambar berisi ciri-ciri obyek. Inovasi kedua media ini telah diterapkan Ibu Winda saat melakukan penelitian di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Kendal untuk lima peserta didik tunarungu taraf berat yang sama sekali tidak dapat mendengarkan suara dengan indra pendengaran mereka.

Bapak Zakaria Sandy Pamungkas, M.Pd. meraih juara 1 pada kategori literasi sains dengan karyanya yang berjudul Pengembangan Mobile Learning Bermuatan Al-Qur’an dan Etnosains untuk Meningkatkan Literasi Sains pada Pembelajaran Fisika di SMA Islam Diponegoro. Inovasi ini berupa pemanfaatan gadget sebagai media pembelajaran dengan menyisipkan muatan etnosains berupa sekaten keraton dan Al-quran. Inovasi ini bertujuan agar siswa lebih memahami fisika melalui peristiwa dalam kehidupan sehari-hari serta korelasinya terhadap Al-quran sehingga siswa dapat memahami fisika dari segi keilmuan dunia maupun dari segi keilmuan agama sehingga tercipta pemahaman yang utuh.

Masya Allah, setiap karya yang telah dilakukan, dituliskan, dan dipresentasikan merupakan aktualisasi diri guru Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro sekaligus menjadi pembuktian bahwa ilmu yang dimiliki harus senantiasa dibagikan serta tidak melupakan diri bahwa seorang guru pun juga terus dituntut untuk selalu belajar dan berkarya sesuai bidangnya masing-masing.

Semoga prestasi yang diraih oleh para guru Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro Surakarta di tingkat nasional ini mampu menjadi inspirasi dan penyemangat bagi seluruh siswa, guru, karyawan, dan semuanya untuk selalu semangat belajar, berkarya, dan berprestasi serta memberikan yang terbaik dimanapun berada.

Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Related Posts

SD Islam Diponegoro Borong Medali Pada Olimpiade Sains Tingkat Nasional
Perwakilan SD Islam Diponegoro Surakarta mempersembahkan 3 medali perak & perungu dalam ajang Olimpiade Sains
Langganan Juara, PAUD Terpadu Islam Diponegoro Raih Juara Drum Band Tingkat Se-Eks Karesidenan Surakarta
Alhamdulillah di penghujung Tahun Ajaran 2021/2022 drum band PAUD Terpadu Islam Diponegoro Surakarta meraih Juara
PPDB PAUD TERPADU ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA
Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) PAUD Terpadu Islam Diponegoro Surakarta Tahun Ajaran 2022/2023 telah dibuka