Sebuah prestasi membanggakan kembali ditorehkan oleh Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro (YPID) Surakarta. Kali ini giliran Zakariya Sandy Pamungkas M.Pd, Guru SMA Islam Diponegoro Surakarta yang berhasil menorehkan prestasi tersebut. Pak Zaka, demikian Guru Fisika ini biasa dipanggil oleh muridnya, berhasil menjadi peraih nilai tertinggi sekaligus meraih Juara 1 untuk lomba Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam rangka HUT PGRI 2019 tingkat Kota Surakarta.

Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukannya di kelas XI MIPA SMA Islam Diponegoro yang kemudian dituangkan dalam artikel Karya Tulis Ilmiah dan juga dipaparkan dihadapan dewan juri telah berhasil mengantarnya meraih nilai 91.5 sekaligus sebagai nilai tertinggi dari seluruh pemenang baik dari tingkat SD,SMP dan SMA dari lomba yang diperuntukan bagi seluruh guru sekolah negeri dan swasta di Kota Surakarta.

Penelitian yang dilakukan Pak Zaka ini pada dasarnya mengangkat tema yang sedang menjadi perhatian pemerintah dan dunia pendidikan saat ini yaitu pendidikan berbasis Science Technology Engineering & Mathematic (STEM). Dimana metode ini merupakan pendekatan yang menggabungkan keempat disiplin ilmu tersebut secara terpadu ke dalam metode pembelajaran didalam kelas dengan berbasis pada masalah yang sebenarnya terjadi di kehidupan nyata.

Pada kesempatan terpisah Pak Zaka, pria kelahiran Jember yang merupakan lulusan S-2 UNS ini menyampaikan bahwa ide penelitian kelas ini juga merupakan sebuah jawaban dari tantangan dari YPID agar beliau bisa menerapkan pembelejaran berbasis STEM di SMA Islam Diponegoro sekaligus memberi inspirasi pada guru-guru lain di YPID.

Pak Zakariya Guru SMA Islam DIPONEGORO Menerima Penghargaan dari Walikota Surakarta

Prestasi ini juga semakin melengkapi berbagai prestasi yang telah ditorehkan oleh Keluarga Besar YPID di tahun 2019 ini sekaligus membuktikan bahwa Motto YPID Jangan Pernah Lelah Untuk Berprestasi akan terus dijadikan motivasi dan penyemangat. Prestasi ini juga menjadi bukti bahwa YPID berkomitmen untuk selalu mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki oleh Siswa, Guru maupun Karyawannya dalam berbagai kesempatan yang ada.

Pengharggaan untuk Pak Zakariya ini diserahkan langsung oleh Walikota Surkarta FX Hadi Rudyatmo dalam acara puncak HUT PGRI ke-74 Kota Surakarta. Acara yang dipusatkan di Lapangan Kota Barat Surakarta pada 24 November 2019 ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Surakarta Etty Retnowati,SH.MH dan Ketua PGRI Kota Surakarta Dr. Sugiaryo, SH.MH, M.Pd.

Pak Zakariya Guru SMA Islam Diponegoro berpose dengan pemenang lain pada HUT PGRI 74 Surakarta

Leave a Reply

 

Serahkan Pendidikan Anak Anda Kepada Ahlinya