Game ‘ HOW TO BE A MILLIONARE ‘ For Memorizing Vocabs
Materi : Recount Text, Biography
Kelas . : VIII A, B, C, D
Tujuan :
- Mengukur vocab yang dikuasai siswa, meliputi: synony, anronym, verb 1 dan 2
- Melatih siswa bertanggung jawab dan bekerja sama dengan anggota kelompoknya
Peraturan games :
Pada game ini ada peratutan yang harus diikuti dan dipatuhi oleh siswa,
- Sisten pada game ini terdiri dari dari 3 level. Bila jawaban benar maka akan memperoleh nilai sesuai dengan nominal yang terdapat pada game. Tiap level terdiri dari 5 pertanyaan.
- Bila siswa ragu untuk menjawab naka mereka memiliki 2 opsi,
* _50 : 50, jawaban yang semula memiliki 4 option pihan , menjadi 2 option untuk lebih memudahkan dalam memilih jawaban.
* _walk, jika siswa ragu untuk menjawab maka siswa dapat memilih opsi ini dan meninggalkan tempat tanpa pengurangan nilai.
* Bila jawaban yang diberikan salah, maka nilai yang telah diperoleh akan hangus atau berkurang sesuai dengan ketentuan pada game.
Langkah Pembelajaran :
Pertemuan 1
- Kelas dibagi menjadi 4 kelompok.
2.Guru membagikan sebuah teks pada tiap kelompok dengan tingkat kesulitan yang sama.
- Siswa menerjemahkan teks bersama kelompoknya.
- Tiap kelompok menerjemahkan dalam bentuk kalimat dan juga perkatadengan acuan kamus.
- Setelah selesai siswa mengumpulkan hasil kerjanya dan guru meminta siswa mempelajari vocab yang telah mereka tulis untuk persiapan pada pertemuan selanjutnya.
_Pertemuan kedua_
- Guru menyediakan pertanyaan terdiri dari 3 level : mudah, sedang , dan sulit .
- Perwakilan dari grup maju,seorang siswa menjawab pertanyaan yang ditampilkan pada layar, bila jawaban benar maka dilanjutkan pertanyaan selanjutnya sampai pada pertanyaan kelima pada level 1.
- Kemudian dilanjutkan oleh siswa selanjutnya sampai siswa yang mendapat giliran terakhir.
- Nominal nilai yang diperoleh adalah hasil dari semua penampilan siswa.
- Kelompok yang mendapat nilai tertinggi menjadi pemenang.