Ektra Pramuka, Banyak Manfaatnya Lho…!

YPID Artikel, SD Ektra Pramuka, Banyak Manfaatnya Lho…!
0 Comments

Sore ini, Senin (8/8/2016) siswa kelas 4a dan 4b SD Islam diponegoro Surakarta memenuhi halaman sekolah. Mereka tampak semangat dan riang mengikuti panduan kakak Pembina. Kak Adit dan kak Umi berkolaborasi membakar semangat ekstra pramuka perdana tahun ajaran ini.
Memang benar, di SD ini terdapat berbagai ektrakulikuler. Salah satunya pramuka. Ekstra ini diikuti oleh siswa kelas 4 sampai 6 baik putra maupun putri. Untuk peserta siaga adalah kelas 4 sejumlah 61 siswa, sedangkan penggalang kelas 5 dan 6 sejumlah 111 siswa.
Untuk mengatasi jumlah siswa yang banyak dan perbedaan materi, peserta siaga dan penggalang tidak bersamaan harinya. Peserta siaga dijadwalkan setiap hari Senin dengan Pembina Bunda Iin, Bunda Umi dan Yanda Adit. Sedangkan, penggalang hari Rabu dan Kamis. Penggalang hari Rabu dengan Pembina Kak Erma, Kak Hajir dan Kak Iin. Penggalang hari Kamis dengan Pembina Kak Hajir, Kak Mukhlis dan Kak Yoga. Pelaksanaan ektra, dimulai pukul 14.30 sampai 16.00 WIB.
Ektra ini dipilih karena dengan kegiatan kepramukaan siswa akan mendapatkan banyak manfaat. Adapun manfaat yang ditargetkan ialah (1) mendidik kemandirian siswa, (2) menanamkan nilai gotong royong dan kebersamaan, (3) menekan keegoisan anak, (4) kedisiplinan, (5) kecintaan terhadap alam, (6) bertahan hidup di saat genting, (7) bmelatih menjadi pemimpin yang berkarakter (8) dan yang paling utama kecintaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Related Posts

Tertarik Ikut Trial Class untuk Si Kecil? Pahami Dulu Hal Ini
Sebagaimana sifat manusia yang lebih menyukai bukti daripada janji. Itulah mengapa Trial Class diadakan, ingin
KEUTAMAAN MEMBACA AL-QUR’AN
Ramadhan memang sudah habis, tapi kita adalah hamba Allah yang tak ada habis-habisnya. Bulan puasa
TRADISI HALAL BIHALAL YANG TERUS DILESTARIKAN DI YPID
Masih dalam suasana hari Raya Idul Fitri, Senin 9 Mei 2022 bertempat di Gedung Pertemuan