Bunda, Ini Lho Manfaat Yoga untuk Anak

YPID Artikel, Berita, Paud Terpadu Bunda, Ini Lho Manfaat Yoga untuk Anak
0 Comments

Yoga bisa menjadi salah satu pilihan olahraga untuk Bunda lakukan bersama anak. Olahraga ini tidak hanya menyehatkan tubuh Si Kecil, tetapi juga berdampak baik bagi kesehatan mentalnya, lho. Yuk, simak berbagai manfaat yoga untuk anak di artikel berikut ini.

Yoga merupakan bentuk latihan yang berfokus pada kekuatan dan kelenturan tubuh serta pernapasan. Olahraga ini cukup diminati karena terbukti membuat pikiran menjadi tenang dan tubuh lebih bugar. Nah, ternyata olahraga yang menyatukan pikiran, tubuh, dan jiwa ini tidak hanya bisa dirasakan oleh orang dewasa, tapi juga oleh anak-anak, Bunda.

Seperti kegiatan yoga pagi ini yang dilakukan oleh si kecil di PAUD Terpadu Islam Diponegoro Surakarta. Yoga kali ini dipimpin oleh Bunda Fatimah., S.Pd AUD (Kepala PAUD Terpadu Islam Diponegoro Surakarta).

Dilansir dari laman Halodoc.com berikut manfaat yoga untuk buah hati :

Manfaat Yoga untuk Fisik Anak

  1. Meningkatkan kekuatan otot, membuat tubuh kuat, lentur, dan rileks.
  2. Mengembangkan tulang punggung dan sistem saraf pusat serta meningkatkan koordinasi tubuh.
  3. Memperdalam napas, sehingga anak bisa mendapatkan asupan oksigen yang lebih banyak. Nah, semakin banyak oksigen yang masuk ke dalam tubuh, kinerja organ dapat berjalan semakin lancar, konsentrasi meningkat dan pikiran anak pun menjadi lebih tenang.
  4. Menyeimbangkan produksi hormon dan memperlancar sirkulasi darah, sehingga anak pun menjadi lebih sehat dan tidak mudah jatuh sakit karena memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat.

Manfaat Yoga untuk Mental Anak

  1. Memperbaiki suasana hati anak, meningkatkan rasa percaya dirinya, serta kemampuan untuk berekspresi, sehingga anak juga dapat mengembangkan minat dan bakatnya secara optimal.
  2. Mengasah daya imajinasi dan empati anak. Hal ini karena banyak pose-pose yoga yang memakai nama hewan, tumbuhan dan benda-benda lainnya yang terdapat di alam. Dengan melakukan cobra pose misalnya, anak dapat sambil membayangkan bentuk hewan aslinya, sehingga hal ini dapat membuat daya imajinasi mereka semakin berkembang.
  3. Melatih anak-anak untuk memiliki disiplin diri. Si Kecil tidak boleh melakukan gerakan yoga dengan main-main, misalnya sambil bergoyang-goyang. Latihan yoga menuntut setiap gerakan dilakukan dengan penuh konsentrasi dan hati-hati, menahan beberapa pose, dan melakukan teknik napas dengan baik. Dengan demikian, anak pun dapat belajar untuk disiplin dan serius dalam melakukan sesuatu.
  4. Mempererat hubungan dengan orang terdekat. Berlatih yoga bersama juga bisa menjadi cara bagi ibu untuk mempererat hubungan dengan anak lho. Ibu bisa bersenang-senang bersama anak saat melakukan berbagai macam pose yoga.

    Source : https://www.halodoc.com/artikel/inilah-8-manfaat-yoga-untuk-anak-anak

Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Related Posts

Guru SMP Lakukan Diseminasi Bimtek Peningkatan Keterampilan Numerasi melalui MCM
Sabtu, 18 Desember 2021, SMP Islam Diponegoro Surakarta mengadakan diseminasi hasil bimtek terkait peningkatan keterampilan
SISWA SISWI SD ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA TETAP BERPRESTASI DI MASA PANDEMI
Tetap berprestasi di masa pandemi, ananda Kevin Aditya Kusuma Putra kelas  2A SD Islam Diponegoro