Ayo Biasakan Mendongeng

YPID Artikel, Berita, Paud Terpadu, SD, SMA, SMP Ayo Biasakan Mendongeng
0 Comments

Perkembangan teknologi yang begitu pesat seperti sekarang ini pasti memiliki dampak yang positif dan juga negatif yang dialami oleh semua orang.

Termasuk juga anak-anak kita yang tanpa kita sadari sebenarnya terdampak juga dengan sisi negatif kemajuan era digital ini.

Salah satunya adalah berkembangnya game online yang begitu banyak ragamnya yang dengan mudah diunduh di gadget (HP/Tablet).

Sebagai orangtua kita selayaknya bisa lebih waspada  dan hati-hati dalam menyikapi hal ini. Salah satu dampak negatif berkembangnya game online adalah menurunnya minat baca atau literasi pada anak-anak. Mereka jadi malas membaca, susah untuk mengemukakan pendapat dengan bahasa yang baik apalagi mau menuangkan ide-ide mereka dalam bentuk tulisan.

Nah ternyata ada cara yang cukup mudah dan murah untuk mengimbangi sisi negatif ini yang dapat dilakukan oleh orang tua yaitu salah satunya dengan membiasakan membacakan dongeng untuk anak-anak. Jika dilakukan dengan konsisten ternyata banyak sekali manfaat yang didapat dengan membacakan dongeng untuk anak-anak yaitu :

1.Menambah wawasan anak sekaligus mengembangkan kemampuan kognitif-nya.

2.Bermanfaat untuk perkembangan masalah sosial dan emosional anak-anak.

3.Mempererat ikatan antara orang tua dan anak.

4.Mengembangkan daya imajinasi anak.

5.Memgembangkan minat baca dan kemampuan literasi.

Tunggu apalagi abi&umi ayo mulai sekarang kita biasakan membacakan dongeng untuk anak-anak kita. Pilihlah tema yang sesuai dengan usianya dan dengan waktu yang tepat dan tidak terlalu lama durasinya. Waktu menjelang tidur dengan waktu sekitar 10 menit InsyaAllah akan bermanfaat.

Selamat Mendongeng …!

(oleh HUMAS YPID dari berbagai sumber)

 

Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Related Posts

SEMINAR INTERNASIONAL BERSAMA WESTERN SYDNEY UNIVERSITY
Yayasan pendidikan Islam Diponegoro Surakarta mengadakan Seminar Internasional dengan bertemakan “Teacher Knowledge in Teaching Multimodal
PERSAMI Sebagai Salah Satu Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila
Dalam rangka mewujudkan visi pendidikan Indonesia yakni, mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian
MOMEN MANIS AYAH BUNDA SAAT HABISKAN WAKTU BERSAMA DENGAN BUAH HATI DALAM PROGRAM FAMILY CAMP
PAUD Terpadu Islam Diponegoro Surakarta selalu memberikan kejutan melalui kegiatan yang keren dan menyenangkan untuk