Senin, 14 Oktober 2019 SMA Islam Diponegoro Surakarta gelar Pesta Demokrasi pemilihan Calon Ketua & Wakil Ketua OSIS Periode 2019-2020. Sebelum itu SMA Islam Diponegoro Surakarta juga kedatangan tamu dari POLSEK Pasar Kliwon yang memberikan sosialisasi tentang Penyalahgunaan Narkotika, Maraknya Hoaks dan Antisipasi Aksi Demonstrasi yang anarkis.

Pada pemilihan kali ini SMA melakukan sebuah gebrakan yang luar biasa dan berbeda dari pemilihan-pemilihan sebelumnya. SMA Islam Diponegoro Surakarta membuat pemilihan kali ini seperti pemilu yang biasa di selenggarakan pemerintah. Tujuan dibuat semirip mungkin seperti pemilu yang diadakan oleh KPU yaitu agar siswi dapat memiliki pengalaman mencoblos secara langsung, sehingga nantinya ketika umur siswi sudah memasuki batas untuk memilih mereka sudah memiliki pengalaman tersebut. Melalui Pemilu OSIS ini menjadi pembelajaran politik bagi siswi secara langsung.

Dalam pemilihan Calon Ketua & Wakil Ketua OSIS Periode 2019-2020 ada 4 kadidat yang mencalonkan. Dua diantaranya mencalonkan sebagai Calon Ketua OSIS, dan dua lainnya sebagai Calon Wakil Ketua OSIS. Tahapan dalam pemilihan kandidat Ketua dan Wakil OSIS ini cukup panjang. Pertama, diadakan seleksi terlabih dahulu. Terdapat 33 siswi yang mendaftar menjadi kepengurusan OSIS tahun ini, hal ini meningkat tajam 2x lipat dari tahun-tahun sebelumnya. Sebuah pencapaian yang luar biasa, hal ini menunjukan meningkat pula minat siswi terhadap berorganisasi. Setelah mereka di seleksi oleh bapak dan ibu guru, kemudian barulah di kerucutkan menjadi empat kandidat. Empat kandidat inilah yang akan masuk ke tahap selanjutnya yaitu pemaparan Visi dan Misi. Pada saat pemaparan Visi dan Misi inilah disaksikan seluruh warga sekolah, kemudian dilanjut tanya jawab oleh guru dan siswi. Di sesi terakhir yaitu proses pemilihan dan pemungutan suara.

Pada proses pemilihan ini seperti yang diadakan oleh KPU, yaitu pemilih mengambil lembar pilihan lalu mencoblos didalam bilik suara yang sudah disediakan oleh Osis. Setelah selesai memilih, hasil suara tadi di masukan ke kotak suara yang disiapkan oleh pihak Osis dan langsung menuju ke tempat tinta guna sebagai tanda bahwa telah memilih.

 

Proses pemilihan selesai, dilanjut dengan pemungutan suara. Pada pemungutan suara kali ini diperoleh hasil yaitu sebagai berikut :

Dan akhirnya, selamat kepada ananda Nura Najib dari kelas XI IPA yang terpilih menjadi Ketua Osis Periode 2019-2020 dan ananda Nur Amiroh dari kelas X IPA yang terpilih menjadi Wakil Ketua Osis Periode 2019-2020. Semoga dapat mengemban amanah dengan baik selama satu tahun kedepan!

Berikut nama-nama calon kandidat berserta Visi & Misi masing-masing calon :

Fatimah Nawira (XI – IPS)

Kandidat Ketua OSIS

VISI :

1. Menjadikan OSIS sebagai wadah sarana pembangunan karakter siswi SMA Islam Diponegoro Surakarta menjadi lebih kreatif, inovatif, dan aktif dalam hal-hal positif.

2. Mensinergikan seluruh elemen SMA Islam Diponegoro Surakarta untuk bersatu padu agar memiliki rasa yang kuat bulat akan suatu tekad yang didasari jiwa yang kaya akan semangat.

MISI :

1. Allah sebagai landasan utama di segala kegiatan dalam kehidupan.

2. Memprioritaskan sikap toleransi dan rendah hati antar sesama.

PROGRAM KERJA :

1. Bidang Keagamaan : Mengadakan acara peringatan untuk hari raya atau hari penting Islam.

2. Bidang Sosial : Melakukan Baksos, dan penggalangan dana untuk yang tertimpa musibah.

Nura Najib (XI – IPA)

Kandidat Ketua OSIS

VISI :

1. Mewujudkan siswi SMA Islam Diponegoro Surakarta yang kreatif, peduli terhadap lingkungan, berprestasi, berjiwa nasionalisme yang berlandaskan syariah.

MISI :

1. Mengadakan kegiatan yang dapat memacu kreatifitas siswi.

2. Meningkatkan daya pikir siswi yang kreatif berlandaskan ketaqwaan terhadap agama.

PROGRAM KERJA :

1. Bidang Agama : Pengingatan rutin terhadap puasa sunnah, khataman rutin dan mengadakan sholat Dhuha rutin.

2. Bidang Umum : Mengadakan lomba akademis dan non akademis, study banding ke sekolah lain dan sosialisasi dengan tokoh terpercaya.

Nur Amiroh (X – IPA)

Kandidat Wakil Ketua OSIS

VISI :

1. Menjadikan OSIS menjadi satu organisasi yang bermutu dan berkualitas tinggi, sekaligus mengharumkan nama baik di dalam atau di luar sekolah.

2. Meningkatkan sumber daya manusia dan menjadikan sebagai contoh atau panutan untuk sekolah lain.

MISI :

1. Tegas, sigap dan tanggap dalam menyelesaikan persoalan.

2. Memberikan yang terbaik.

PROGRAM KERJA :

1. Mengadakan berbagai lomba olah raga.

2. Mengajak siswi menonton film pahlawan untuk menumbuhkan semangat nasionalisme.

Rodhiyah Safira (X – IPS)

Kandidat Wakil Ketua OSIS

VISI :

1. Mewujudkan OSIS dan siswi cerdas, mandiri dan berlandaskan taqwa sesuai dengan syariah.

MISI :

1. Mendukung serta memajukan semua kegiatan sisiwi yang bersifat positif berlandaskan iman dan taqwa.

2. Menumbuhkan jiwa nasionalisme lewat kegiatan besar yang diselenggarakan.

PROGRAM KERJA :

1. Mengadakan acara peringatan hari besar Islam.

2. Mengadakan bakti sosial.

3. Mengadakan pengajian rutin.

 

Leave a Reply

 

Serahkan Pendidikan Anak Anda Kepada Ahlinya