4 Alumni 4 Kisah Inspirasi Perjalanan Hidup dalam Ikhtiar Menabur Sejuta Benih Mimpi, Cita dan Asa Untuk Siswa-Siswi YPID

YPID Berita, profil alumni, Yayasan 4 Alumni 4 Kisah Inspirasi Perjalanan Hidup dalam Ikhtiar Menabur Sejuta Benih Mimpi, Cita dan Asa Untuk Siswa-Siswi YPID
0 Comments

Selasa, 12 September 2023 bertempat di Gedung Pertemuan Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro Surakarta dipenuhi oleh siswa-siswi SMP dan SMA Islam Diponegoro Surakarta. Para siswa berkumpul untuk mengikuti acara Talkshow Motivasi dari Alumni Inspiratif Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro Surakarta. Tema acara ini adalah “No Fear to Dream, Your Success Starts Here”.

Acara diawali oleh MC Sumaya, S.Pd guru Bahasa Inggris SMP Islam Diponegoro Surakarta. Moderator pada acara ini adalah Fatimah Gonita, A.Md, I.Kom dan memandu jalannya acara dengan 4 Alumni Inspiratif Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro Surakarta, mereka adalah:

  1. Syarif Shahabuddin S.IP., M.Si
  2. Mustafa Basri, B.Eng., M.Sc.
  3. Muhammad Samhan, S.Ked
  4. Rara Silvia Ayuningtyas

Mereka jauh-jauh datang di tengah kesibukan untuk memberikan semangat dan berbagi kisah mereka yang semoga dapat dipetik dan dipelajari bagi seluruh siswa-siswi SMP dan SMA Islam Diponegoro Surakarta.

Kak Syarif misalnya, adalah salah satu staff kedutaan Republik Indonesia yang sudah di tempat di berbagai negara di dunia diantaranya Arab Saudi, Filipina, Pakistan, Uni Emirat Arab dan terakhir adalah Polandia. Saat ini Kak Syarif ditugaskan kembali ke Indonesia di divisi Kerjasama Multilateral menangani isu OI PBB.

Sedangkan kak Mustofa meraih beasiswa dua periode berturut-turut di Jepang yaitu mengambil jurusan Electronics, Information and Communication Engineering di Osaka Sangyo University. Tak berhenti disitu, Kak Mustofa berhasil mendapatkan beasiswa S2 di Khalifa University Uni Emirat Arab. Ia juga menjadi asisten pengajar di universitas yang sama. Kak Mustofa saat ini telah menyelesaikan studi S2 nya di bidang Electrical and Computer Engineering.

Sedangkan kak Samhan menceritakan kisah dan perjuangannya untuk menjadi seorang dokter muda. Samhan saat ini sedang menempuh pendidikan Dokter Muda di Fakultas Kedokteran Universitas Sebelah Maret Surakarta. Setelah meraih gelar dokter, Samhan berencana untuk melanjutkan ke pendidikan spesialis. Tentunya proses yang dilalui Samhan cukup panjang dan melelahkan, ia bercerita bahwa ketika menjadi co ass ia sampai pernah tidak tidur selama berhari-hari karena sedang menghadapi pasien. Hal itu pun tidak menyurutkan semangat Samhan, karena tujuan awal Samhan memilih profesi dokter adalah ia ingin bermanfaat dan membantu lebih banyak orang. Kita doakan semoga Samhan dapat menyelesaikan pendidikan Dokter Muda nya tepat waktu dan menjadi dokter yang menginspirasi dan bermanfaat untuk orang banyak ya! 🙂

Rara Silvia yang lulus di tahun 2021 menceritakan perjuangannya menjadi polisi setelah 3x gagal mengikuti seleksi kepolisian tersebut. Rara Silvia merupakan alumni SMA Islam Diponegoro Surakarta yang berhasil lolos dalam seleksi Kepolisian Wanita. Rara menceritakan bahwa proses seleksi Polwan sangatlah ketat. Se provinsi Jawa Tengah terdapat 900 pendaftar, kemudian disaring menjadi 100 orang setelah itu dilakukan penyaringan lagi hingga terpilihlah 33 peserta saja dari 900 pendaftar. Dan Rara adalah salah satunya. MasyaAllah sungguh keren yaa kisah Rara!

Keempat narasumber telah mengisahkan pentingnya perjuangan, doa orang tua, kerja keras dan kendali diri untuk mampu membagi waktu dan terus berusaha dan berkembang menjadi pribadi yang lebih baik lagi sehingga dapat bermanfaat bagi komunitas sekitar.

Sesi tanya jawab pun juga dilaksanakan dengan sangat antusias. Banyak pertanyaan menarik yang disampaikan oleh para siswa yang penasaran bagaimana bisa meraih kesuksesan seperti mereka. Pertanyaan yang bermunculan pun ditanggapi dengan semangat oleh para pembicara sehingga mereka juga bisa memberikan gambaran yang jelas tentang bagaimana perjuangan untuk bisa sukses di kehidupan kedepan.

Selain itu, diberikan pula apresiasi kepada Ahmad Sungkar, salah satu siswa kelas XII IPS SMA Islam Diponegoro Surakarta, yang telah meraih medali perak pada ajang Pekan Olah Raga Pelajar Nasional di Palembang beberapa waktu lalu mewakili Provinsi Jawa Tengah. Ahmad juga memberikan semangat untuk terus mengejar apa yang mereka cita-citakan dan berusaha untuk terus berkembang menjadi lebih baik.

Selesailah acara motivasi dari para alumni inspiratif dari Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro Surakarta. Semoga manfaat besar dapat dirasakan oleh seluruh siswa-siswi SMP dan SMA Islam Diponegoro Surakarta. Mungkin 10-20 tahun lagi, para peserta motivasi hari ini bisa menjadi pembicara yang menginspirasi para siswa-siswi Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro Surakarta. Ammiiinn ya robbal alamin.

Categories:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

 

Related Posts

Melatih Kesiapan Siswa Lewat Program ‘Magang Mengajar’ Sertifikasi Guru Al-Qur’an
Alhamdulillah setelah dinyatakan lulus dan mendapatkan sertifikasi sebagai trainer / pengajar dari UMMI Foundation Surabaya
Panen Raya Gelar Karya Kota Surakarta
Dalam rangka puncak acara peringatan hari Pendidikan Nasional tahun 2024, Dinas Pendidikan Kota Surakarta menyelenggarakan
Lomba Kreativitas dan Inovasi (KRENOVA) Kota Surakarta Tahun 2024
SMP Islam Diponegoro & SMA Islam Diponegoro mengikuti kegiatan Lomba Kreativitas dan Inovasi (KRENOVA) 2024