Materi : Vektor (2D & 3D)
Tujuan :
- Siswa terampil dalam menyelesaikan masalah baik secara tertulis(diskusi) maupun menggunakan Aplikasi Geogebra pada komputer.
- Siswa mampu memanfaatkan teknologi dengan menggambar 2D & 3D di komputer.
- Siswa terampil dalam menganalisis dan membuat kesimpulan baik secara tertulis dan dengan aplikasi geogebra.
- Siswa mampu manghitung besar dan menentukan arah pada permasalahan kehidupan sehari-hari diantaranya dalam menghitung kecepatan, percepatan gravitasi, tekanan, medan magnet, induksi listrik, gaya dll.
Alat dan bahan :
Kertas HVS, Komputer, penggaris dan bolpoin warna.
Langkah pembelajaran:
- Guru memberikan pengantar mengenai vektor 2D&3D baik secara aturan aljabar dan geometri
- Siswa dibagi menjadi 4 kelompok dengan masing masing kelompok diberikan permasalahan yang berbeda-beda.
- Siswa menyelesaikan permasalahan di HVS, siswa menyimpulkan dari permasalahan dan mampu menentukan rumus dari permasalahan yang disajikan.
- 1,5 jam pelajaran siswa praktek di lab komputer dengan membuka aplikasi Geogebra di pandu guru, siswa mampu menggambar 2D & 3D dan menentukan vektor nya secara langsung dengan panduan guru.
- Masing-masing siswa praktek dengan soal yang tertera di HVS ketika diskusi di kelas.
- Siswa mampu membuktikan kebenaran dari jawaban diskusi di kelas dengan aplikasi Geogebra.