Materi : Pemantapan materi UN (pengelompokan soal-soal UN kategori mudah, sedang, sulit)
Tujuan :
menganalisisnya dan akhirnya meneliti kembali hasilnya.
bagi siswa.
melakukan penemuan.
Karakter yang dikembangkan : Nilai-nilai ke tim, Tanggungjawab, Keberanian berpendapat, semangat, pantang menyerah
Model pembelajaran CPS adalah suatu model pembelajaran
yang memusatkan pada pengajaran dan keterampilan pemecahan masalah,
yang diikuti dengan penguatan keterampilan. Problem solving dapat
diartikan sebagai rangkaian aktivitas pembelajaran yang menekankan
kepada proses penyelesaian masalah yang dihadapi secara ilmiah. Terdapat
3 rangkaian dari problem solving:
dalam implementasi problem solving ada sejumlah kegiatan yang harus
dilakukan siswa. problem solving tidak mengharapkan siswa hanya
sekedar mendengarkan, mencatat, kemudian menghafal materi pelajaran,
akan tetapi melalui problem solving siswa aktif berpikir, berkomunikasi,
mencari dan mengolah data, dan akhirnya menyimpulkan.
Problem solving menempatkan masalah sebagai kata kunci dari proses
pembelajaran. Artinya, tanpa masalah maka tidak mungkin ada proses
pembelajaran.
berpikir secara ilmiah. Berpikir dengan menggunakan metode ilmiah
adalah proses berpikir deduktif dan induktif. Proses berpikir ini
dilakukan secara secara sistematis dan empiris. Sistematis artinya
berpikir ilmiah dilakukan melalui tahapan-tahapan tertentu; sedangkan
empiris artinya proses penyelesaian masalah didasarkan pada data dan
fakta yang jelas.
Alat dan bahan : Lesson Plan, Lembar Kerja Siswa Kertas karton, Spidol, Penggaris, jam dinding
Langkah-langkah dengan menggunakan Pembelajaran Creativ Problem Solving :
Klarifikasi masalah meliputi guru memberikan penjelasan pada siswa tentang
masalah yang diajukan, agar siswa dapat memahami tentang
penyelesaian seperti apa yang diharapkan.
Pada tahap ini siswa dibebaskan untuk mengungkapkan pendapat tentang
berbagai macam strategi penyelesaian masalah.
Pada tahap evaluasi dan pemilihan ini, setiap kelompok mendiskusikan
pendapat-pendapat atau strategi-strategi mana yang cocok untuk
menyelesaikan masalah.
Pada tahap ini siswa menentukan strategi mana yang dapat diambil untuk
menyelesaikan masalah, kemudian menerapkannya sampai menemukan
penyelesaian dari masalah tersebut dengan penggunaan alat peraga yang diberi nama Falnn Rolling
Terimakasih?