Mudahnya Belajar Matematika Dengan Metode Permainan Monopoli Kelas 9A
Materi : Soal UN yang dikemas dalam bentuk kartu
Alat dan bahan : Gunting, Penggaris, Kertas Asturo, Dadu, Pion
Tujuan :
1.Melatih dan mengasah keterampilan siswa
2.Mengukur Kemampuan Siswa
3.Membuat siswa giat belajar
4.Melatih kemantapan persiapan siswa
Latar Belakang : Pada umumnya orang bermain monopoli sekedar untuk mencari hiburan semata, akan tetapi dilihat dari minat belajar anak-anak yang kurang dan lebih menyukai bermain, permainan monopoli ini juga bisa dijadikan sebagai media pembelajaran. Dengan sedikit perubahan, permainan monopoli matematika dirancang sendiri untuk dijadikan media dalam pengajaran matematika. Permainan ini bisa digunakan pada pokok bahasan apa saja pada mata pelajaran matematika. Langkah-langkah metode permainan monopoli matematika sebagai berikut: Prosedur 1. Merumuskan tujuan instruksional 2. Memilih topik (sub topik) yang akan dipakai sebagai permainan 3. Merinci kegiatan belajar mengajar 4. Menyiapkan alat-alat atau sarana yang akan dipakai sebagai alat permainan
Alat dan bahan : Gunting, Penggaris, Kertas Asturo, Dadu, Pion,
Langkah Pembelajaran :
1.Permainan dimulai dengan melemparkan dadu. Apabila seorang pemain memperoleh angka dadu tertinggi dari lawannya maka ia berhak memulai permainan duluan.
6.. Jika pemain berhenti dikolom kesempatan saat tidak bisa menjawab pertanyaan tersebut, pemain wajib mengambil satu buah kartu bantuan yang telah tersedia.