? Sabtu, 2 Februari 2019
Pembelajaran Kelas 5B
Tema 6: Panas dan Perpindahannya
Mupel: IPA
Percobaan menyelidiki perpindahan panas secara konduksi
✅Tujuan:
Dengan melakukan percobaan menggunakan sendok dan air panas, siswa mampu membuktikan perpindahan kalor/panas secara konduksi
✅ Karakter yang dikembangkan:
– Kerja sama
– Tanggungjawab
– Ketelitian
– Kejujuran
✅ Media,alat
– Video/gambar perpindahan panas
– Bacaan tentang perpindahan panas
– Alat untuk percobaan (sendok, gelas, air panas)
✅ Langkah KBM
- Siswa mengamati video/gambar tentang perpindahan panas
- Guru menjelaskan sekilas tentang perpindahan panas
- Guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya
- Siswa mengerjakan tugas secara kelompok menyelidiki panas secara konduksi
- Siswa membuat laporan hasil penelitian
- Siswa mempresentasikan laporan yang telah dibuatnya
- Siswa mengerjakan tugas secara mandiri, menjawab soal dari penelitian
- Guru membimbing siswa membuat kesimpulan
✅ Kesimpulan
– Perpindahan kalor/panas secara konduksi disebut juga perpindahan kalor secara hantaran yaitu perpindahan kalor tanpa memindahkan zat perantaranya
– Pada perpindahan kalor secara konduksi yang berpindah hanya energi kalornya saja
– Contoh perpindahan kalor secara konduksi
- Ketika kita sedang memasak/menggoreng, ujung spatula yang kita pegang akan terasa panas walaupun ujungnya tidak bersentuhan dengan api kompor
- Ketika kita memegang salah satu ujung sendok yang dimasukkan ke dalam air panas, maka beberapa saat kemudian ujung sendok yang kita pegang akan terasa panas
- Ketika setrika dihubungkan dengan arus listrik, maka arus listrik akan mengalir melalui elemen pemanas, sehingga panas dari elemen akan berpindah ke bagian alas besi setrika yang tebal