CALL CENTER
HUMAS YPID
0878 3636 4848
info@ypid.or.id

Wisuda Tahfidz Akbar YPID, Membanggakan dan Mengharukan

sebanyak 120 siswa dari SD, SMP & SMA di wisuda

Sabtu, 16 Desember 2017 menjadi sejarah baru di lingkungan Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro (YPID). Pasalnya, hari itu adalah hari dimana kegiatan wisuda tahfidz akbar digelar. Mengapa kita sebut wisuda akbar? Karena, pada tahun-tahun sebelumnya, wisuda tahfidz hanya diperuntukkan untuk SD saja. Namun kali ini yang diwisuda adalah siswa dan siswi SD, SMP dan SMA.

wisudawati saat mempersembahkan hafalan surat

Dalam wisuda kali ini, banyak tamu istimewa yang hadir seperti perwakilan UMMI Foundation Indonesia, Koordinator UMMI Foundation Surakarta, perwakilan UPTD Dinas Pendidikan, Dewan pengawas Dinas SD, SMP & SMA, Dewan Pengurus YPID, alim ulama, tokoh masyarakat, orang tua murid, serta keluarga besar YPID.

wisudawan dengan kyusuk melantunkan hafalannya

Sejumlah 120 wisudawan/wati yang terdiri dari siswa SD 59 orang, siswa SMP 58 orang, dan dari SMA 3 orang, diwisuda secara bersama-sama di moment sakral tersebut. Sebelumnya, mereka secara simbolis mempersembahkan hafalan jus 30 yaitu surat An-Naba, Al-A’la dan surat Ad-Dhuha. Tetapi hafalan mereka tidak hanya jus 30 saja lho. Ada beberapa siswa yang berhasil menghafalkan secara berturut-turut jus 28 – 30. Masya Allah…

uji public wisudawan oleh tamu & hadirin

Setelah mempersembahkan beberapa hafalan surat, uji public pun dimulai. Secara random para tamu dan undangan memberikan motivasi berupa potongan surat-surat yang nantinya akan dilanjutkan oleh wisudawan/wati. Subhanallah.. dengan lancar dan benar mereka dapat menjawab semua lanjutan surat yang dilemparkan oleh para tamu.

wisudawan/wati terbaik

Setelah uji public, satu persatu wisudawan/wati diwisuda oleh kepala sekolah masing-masing. Dan dilanjutkan dengan pengumuman wisudawan terbaik. Perasaan bangga bercampur harus sangat terasa saat satu persatu wisudawan/wati dipanggil maju ke panggung didampingi oleh orang tua mereka. Bagaimana tidak, prosesi pemberian mahkota kepada orang tua sebagai simbol mahkota cahaya dari surga untuk membalas didikan orang tua yang telah menjadikan anak-anak mereka penghafal Al Quran yang selalu dekat dengan ayat-ayat suci Allah. Seketika tangisan bangga dan haru tumpah dari mata para orang tua..

tiga bersaudara penghafal al Quran

Tidak hanya sampai disitu kebanggaan kami, dari … wisudawan/wati yang terbaik, ternyata ada 3 anak yang bersaudara. Tidak terbayang betapa bangganya orang tua mereka. Ketiga anak mereka menjadi tahfidz diusia yang masih belia. Masya Allah..

penyerahan piagam wisuda tahfidz kepada wisudawan

Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro merupakan yayasan pendidikan yang menaungi 4 tingkatan pendidikan, yaitu PAUD, SD, SMP dan SMA. YPID selalu dan siap untuk berbenah demi kemajuan peserta didik. Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki YPID terus ditingkatkan dengan berbagai pelatihan dan seminar. Dengan sarana dan prasarana lengkap di setiap unit sekolah menjadikan sekolah kami adalah salah satu sekolah terbaik yang ada di Kota Surakarta.

(Humas)

Leave a Reply