CALL CENTER
HUMAS YPID
0878 3636 4848
diponegoroska@gmail.com

Usaha Kita Akan Sesuai Dengan Besarnya Mimpi

Bp. Abu Bakar Husein, S.T, pemilik Carnaval Ice Cream Solo

Sabtu, 4 Maret 2017, bertempat di Aula SMA Islam Diponegoro, diadakan Entrepreneur Motivation yang dihadiri oleh seluruh siswa dan karyawan SMA Islam Diponegoro. Dengan mengusung tema Kiat Menjadi Pengusaha Sukses di Era Global, SMA Islam Diponegoro berusaha untuk membekali siswi agar menjadi pengusaha yang  sukses, bukan untuk esok hari, tapi bisa juga dimulai dari sekarang.Kepala Sekolah SMA Islam Diponegoro, Bapak Ahmadi mengungkapkan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membuka pikiran dan pemahaman siswa agar memiliki jiwa entrepreneur atau kewirausahaan. “Acara ini juga merupakan bagian dari kompetensi kecakapan hidup atau life skill yang sangat bermanfaat bagi siswa ke depannya” Lanjut Beliau. By The Way.. nara sumber kali ini siapa ya?  Nara sumber kali ini adalah seorang pengusaha sukses di bidang usaha kuliner, khusus nya ice cream yang memulai bisnisnya dari 0 hingga mendapatkan keuntungan yang Alhamdulillah mencukupi kebutuhan. Beliau adalah Bapak Abu Bakar Husein, S.T pemilik usaha Ice Cream Carnaval Surakarta sekaligus Konsultan Perusahaan Air Mineral Aqua, dan yang tak lain adalah Direktur Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro. Big Applause…

Bp. Bakar memberikan materi kewirausahaan

Nah Bapak Bakar (sapaan akrab beliau) menjelaskan juga nih, kenapa sih kita perlu menjadi pengusaha? Yang pertama, berdagang itu adalah salah satu jalan yang mendapat keberkahan dari Allah. Asalkan berdagang dengan baik, jujur dan menjauhi riba. Kedua, Pengusaha itu bebas dan tidak terikat dengan orang lain. Ketiga, Hasil yang diperoleh sesuai dengan usaha yang dilakukan. Keempat, bisa membuka lapangan pekerjaan. Dan yang terakhir, peluang untuk berdagang dan menjadi pengusaha masih terbuka lebar. Mengingat jumlah pengusaha di Indonesia hanya sebesar 1,56% dari jumlah penduduk Indonesia.

Kemudian Bapak Bakar mencoba untuk menargetkan pendapatan seusia siswi SMA adalah 50 juta/bulan. Target ini disambut dengan beragam reaksi.  Ada beberapa siswi yang menilai jumlah tersebut kebanyakan, namun banyak juga yang optimis menjawab pasti bisa. Usaha kita akan sesuai dengan besarnya mimpi. Jika bermimpi untuk mendapatkan 50 juta / bulan, maka usaha kita akan menyesuaikan untuk meraih angka tersebut. Apabila target pendapatannya lebih tinggi lagi, maka usaha yang akan dilakukan pastinya lebih keras lagi.

Kepala Sekolah memberikan kenang-kenangan sebagai ucapan terimakasih kepada nara sumber

Banyak sekali ilmu yang didapat dari materi yang disampaikan oleh Bapak Bakar. Beliau memberikan 25 tips untuk memulai usaha. Tips tersebut antara lain adalah memuali dengan niat yang baik, pemilihan bidang atau produk usaha yang tepat (bidang yang disukai, berbasis skill yang dimiliki, potensi market yang masih terbuka, punya nilai tambah lebih), inovatif dan kreatif, dan masih banyak tips lainnya. Bapak Bakar mengajak siswi untuk berpikir lebih terbuka (open minded) tentang berwirausaha. Beliau mengatakan tidak usah menunggu lulus sekolah atau kuliah, bisa dimulai dari sekarang, usia sekolah. Modalnya? Ya… modal dengkul tapi menghasilkan keuntungan. Ayo mau buka usaha apa ya??

Amira (XII IPA)

Salah satu siswi SMA Islam Diponegoro yang  mengikuti kelas motivasi ini mengaku lebih termotivasi setelah menerima ilmu dari Bapak Bakar. “Setelah mengikuti acara tadi saya merasa termotivasi dengan apa yang disampaikan. Pemikiran saya menjadi lebih terbuka tentang lapangan pekerjaan”, terang Amira, siswi kelas 12 IPA SMA Islam Diponegoro.

SMA Islam Diponegoro merupakan satu-satunya sekolah khusus putri di Kota Surakarta. Dengan sarana dan prasarana yang lengkap, tenaga pendidik yang berkualitas, dan segudang prestasi, SMA Islam Diponegoro siap menjadi Sekolah Terbaik di tingkat sekolah menengah atas.

 

(Humas)

One Response to “Usaha Kita Akan Sesuai Dengan Besarnya Mimpi”


  • Ayo Berbagi, Berhemat, dan Menabung Agar menjadi Pengusaha Sukses / Reply

    […] Itulah tiga kiat khusus dari Bp. Abu Bakar Husein, S.T, Owner dari Carnaval Ice Cream Solo sekaligus Direktur Sekolah-sekolah di Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro (YPID) saat memberikan materi klinik kewirausahaan 2 untuk seluruh siswi di Aula SMA Islam Diponegoro,Sabtu 23 September kemarin. Ini kali kedua Bp. Bakar (sapaan akrab beliau) mengisi pelatihan singkat kewirausahaan di SMA setelah sebelumnya, pada bulan Maret Bp. Bakar juga memberikan ilmu kewirausahaan untuk siswi SMA Islam Diponegoro. (baca juga Usaha Kita Akan Sesuai Dengan Besarnya Mimpi) […]


Leave a Reply