CALL CENTER
HUMAS YPID
0878 3636 4848
diponegoroska@gmail.com

SEKILAS TENTANG SMP

SMP ISLAM DIPONEGORO

 VISI

Memberikan pelayanan pendidikan yang berkualitas dan Islami

MISI

Mendidik siswa unggul dalam prestasi

Mendidik siswa memiliki kepribadian Islami

Mendidik siswa memiliki pribadi yang mandiri.

        SMP Islam Diponegoro berawal dengan didirikannya Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro (YPID) pada tanggal 7 Oktober 1928 atau 1 Jumadilawal 1346 H dengan nama Arrabitah Al-Alawiyah sebagai cabang Jakarta. Organisasi ini pada awalnya bergerak pada bidang pendidikan agama dan bahasa arab ditambah dengan pengetahuan umum secara terbatas. Pada tahun 1930 setelah menata ulang kepengurusan, Arrabitah Al-Alawiyah memiliki Madrasah Ibtidaiyah yang memiliki bangunan permanen di jalan Katangan Pasar Kliwon. Mata pelajaran utama adalah Agama dan Bahasa Arab ditambah Bahasa Indonesia dan berhitung.

          Sesuai dengan perkembangan jaman serta minat masyarakat, pada tahun 1952 pengurus bertekad mengubah Madrasah Ibtidaiyah menjadi Sekolah Dasar. Untuk itu kurikulum agama diatur oleh Yayasan.

               Setahun kemudian, pada tahun 1953 Arrabitah Al-Alawiyah mengembangkan pendidikan dengan membuka Sekolah Menengah Pertama. Pada waktu itu lokasi pengajaran masih bersifat sementara yaitu pada gedung milik Bp. R. Hadiwijaya yang dipinjamkan atas dukungan Bapak Awadh Syahbal.

      Melihat pesatnya kepercayaan masyarakat pada yayasan ini, Alhamdulillah pada tahun 1953 atas partisipasi masyarakat yayasan membeli tanah seluas 2600 m2 serta membangunnya di jalan Mertadranan No. 2 Pasarkliwon.

          Tahun 1954 bangunan berhasil diselesaikan lengkap dengan perabotnya. Bersamaan dengan itu, dipicu oleh kesuksesan Sekolah Dasar, Yayasan mengembangkan pendidikan dengan membuka Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama Khusus Putri. Untuk melengkapi pendidikan dasar, pada tahun itu pula dibuka sekolah Taman Kanak-kanak yang menempati Sekolah Dasar Putra.

        Untuk lebih menanamkan rasa kepribadian sebagai bangsa Indonesia yang cinta pada tanah air, rapat pengurus tanggal 9 Maret 1966 memutuskan mengubah nama Yayasan Arrabitah Al-Adawiyah menjadi Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro. Selanjutnya yayasan berkembang baik sesuai dengan harapan pemerintah dan masyarakat dan tidak menyimpang dari atas tujuan didirikannya yayasan ini. Pada tahun 1967, dibukalah Sekolah Menengah Atas untuk putri yang dirasa perlu untuk membekali dan menjaga para siswa putri agar lebih mantap dalam pengamalan akidah dan akhlak. Adapun lokasinya terletak di lokasi SMP dan SD Islam Diponegoro putra bagian putri.

         Pada tahun 1972 yayasan membeli tanah seluas 520 m2 yang selanjutnya bangunanya digunakan untuk SMP putra. Pada tahun 1982 yayasan meresmikan bangunan khusus SMA putri di atas tanah seluas 919 m2 yang dibangun dengan partisipasi masyarakat dan pemerintah kerajaan Arab Saudi.

         Pada tahun yang sama dibangun gedung Taman Kanak-Kanak yang terletak berdampingan dengan SD dan SMP putri. Dengan demikian Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro membawahi TK, SD, serta SMA putri hingga sekarang.

VIDEO PROFIL SMP ISLAM DIPONEGORO SURAKARTA