CALL CENTER
HUMAS YPID
0878 3636 4848
info@ypid.or.id

PAUD Terpadu Islam Diponegoro Jadi Objek Study Banding IGTK Muslimat Bangil

membawa air dalam ember dan berjalan di satu garis lurus

Hari Kamis, 26 Oktober kemarin, PAUD TI Diponegoro tampak lebih ramai dari biasanya. Banyak tamu yang datang di sekolah dan berbaur bersama anak-anak dan bunda-bunda PAUD. Terlihat beberapa dari mereka ada yang mengikuti kegiatan belajar mengajar di dalam kelas dan di halaman, ada yang melihat lingkungan sekitar PAUD dan lainnya. Hmm.. rombongan dari mana ya mereka ??

mengikuti dan mengamati KBM di kelas

Mereka adalah bunda-bunda dari Ikatan Guru TK Muslimat Bangil Jawa Timur yang sengaja datang  ke PAUD TI Islam Diponegoro untuk melakukan study banding baik tentang materi belajar, metode pembelajaran, kurikulum, administrasi, sarana & prasarana, jam belajar dan masih banyak hal yang mereka tengok di PAUD TI Diponegoro.

sharing metode pembelajaran

Tamu study banding dibagi menjadi beberapa tim untuk mengamati dan mengikuti KBM di setiap kelompok dan kelas anak-anak. Di kelas, anak-anak bermain dan belajar seperti biasa. Doa pagi, bermain, membuat kerajinan tangan, dan belajar sesuatu yang baru. Di akhir kegiatan study banding, tamu diberikan kesempatan untuk bertanya kepada sekolah. Mengingat pada saat pengamatan di kelas, bunda-bunda tamu study banding tidak diperbolehkan untuk bertanya kepada bunda pendamping untuk menjaga KBM agar tetap kondusif.

mengamati tepukan dan nyanyian kelas KB di luar ruang kelas

Banyak hal yang ditanyakan oleh bunda-bunda tamu study banding, antara lain tips dan trik agar anak tidak jenuh padahal waktu belajar di PAUD TI tergolong panjang, penguasaan sentra guru pendamping, kurikulum yang digunakan dalam KBM, pemilihan tema yang tepat, cara menjaga alat edukasi agar tetap awet dan terawat, dan masih banyak lainnya yang ditanyakan.

sesi tanya jawab tamu study banding dengan PAUD Ti Diponegoro

“Alhamdulillah, luar biasa kami mendapatkan banyak ilmu yang dapat kami serap dari kunjungan kami ke PAUD TI Diponegoro. Sampai-sampai kami bingung yang mana dulu yang harus dicontoh dan diterapkan di sekolah kami.” Ujar Bunda Fatimah, salah satu tamu study banding yang merupakan ketua rombongan IGTK Muslimat Bangil

walaupun tukar tepuknya diakhir kegiatan, bunda-bunda tetep semangat lhoh

PAUD Terpadu Islam Diponegoro memahami pentingnya perlakuan yang tepat dalam memaksimalkan proses perkembangan otak, kejiwaan dan pembentukan karakter yang positif atau akhaqul karimah. PAUD Terpadu Islam Diponegoro bertekad untuk berkontribusi membentuk generasi Islami yang tangguh, berakhlak mulia dan memiliki karakter positif, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta berjiwa nasionalisme. PAUD Terpadu Islam Diponegoro telah lebih dari 5 tahun ditunjuk oleh Pemerintah Kota Surakarta sebagai TK Pembina di Surakarta. Dan sejak tahun 2015 ditunjuk sebagai percontohan PAUD Holistik dan Ramah Anak. Hal ini bisa diraih karena PAUD Terpadu Islam Diponegoro menerapkan berbagai pelatihan yang berkesinambungan dalam usaha meningkatkan mutu dan nilai spiritual guru dan karyawannya. PAUD Terpadu Islam Diponegoro, Insya Allah mampu menjadi tempat yang ideal bagi tumbuh kembang anak Anda.

 

(Humas)

Leave a Reply