CALL CENTER
HUMAS YPID
0878 3636 4848
info@ypid.or.id

Kemeriahan Pawai Tahun Baru Hijriyah PAUD Terpadu Islam Diponegoro

persiapan pawai

Tahun Baru Hijriyah yang diperingati setiap 1 Muharram disambut lebih awal oleh seluruh keluarga PAUD Terpadu Islam Diponegoro hari Sabtu, 16 September kemarin. Guru, Karyawan, Komite dan anak-anak menyambut tahun yang baru ini dengan pawai tahun baru. Apa saja ya yang mereka siapkan untuk pawai tahun baru?? Well, mereka menyiapkan berbagai macam atribut seperti spanduk, karya kertas, kolase, gambar, kaligrafi dan masih banyak yang lainnya. Semua atribut yang dibawa anak-anak sebagai properti pawai adalah hasil karya anak dan orang tua masing-masing. Hasil karya ini adalah sebagai implementasi program BINDIKEL (Pembinaan Pendidikan Keluarga) di PAUD TI Diponegoro.

salah satu karya yang dibawa saat pawai

Untuk rute pawai, rombongan memulai perjalanan dari PAUD menuju Masjid Khoir, kemudian terus ke arah barat menuju Pertigaan Pasar Kliwon. Setelah sampai dipertigaan, pawai dilanjutkan menuju ke selatan dan berbelok menuju SD Islam Diponegoro. Kemudian melanjutkan perjalanan untuk kembali ke PAUD TI Diponegoro. Sepanjang perjalanan, tak hentinya anak-anak membawakan slogan – slogan dan nyanyian yang juga dibuat oleh orangtua murid sebagai perwujudan program BINDIKEL dan keterlibatan orangtua dalam pendidikan anak usia dini, slogan-slogan tersebut antara lain : Ku Sambut Gembira Tahun Baruku, Tahun Baru 1439 H Tahun Baruku, dan Semangat Baru di Tahun Baruku.

Saat ditemui sebelum pawai dimulai, Kepala PAUD TI Diponegoro, Bunda Fatimah menyampaikan bahwa kegiatan ini memiliki banyak tujuan, “Tujuan pawai ini banyak sekali ya, yang pertama untuk memakmurkan syiar Islam; memeriahkan  tahun baru Islam, yang  merupakan tahun baru anak-anak didik yang tergabung di PAUD Terpadu Islam Diponegoro; menjalin silaturrahmi dengan yang ditemui saat pawai; menjaga dan memelihara potensi anak – anak sebagai ummat Islam yang berpegang teguh akan nilai –nilai Islam; yang terakhir tapi tidak kalah pentingnya adalah mempererat ukhuwah di antara siswa, guru, karyawan dan komite PAUD Terpadu Islam Diponegoro”, Jelas Bunda Fat.

anggota Komite PAUD yang ikut serta dalam Pawai Tahun Baru

PAUD Terpadu Islam Diponegoro memahami pentingnya perlakuan yang tepat dalam memaksimalkan proses perkembangan otak, kejiwaan dan pembentukan karakter yang positif atau akhaqul karimah. PAUD Terpadu Islam Diponegoro bertekad untuk berkontribusi membentuk generasi Islami yang tangguh, berakhlak mulia dan memiliki karakter positif, menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi serta berjiwa nasionalisme. PAUD Terpadu Islam Diponegoro telah lebih dari 5 tahun ditunjuk oleh Pemerintah Kota Surakarta sebagai TK Pembina di Surakarta. Dan sejak tahun 2015 ditunjuk sebagai percontohan PAUD Holistik dan Ramah Anak. Hal ini bisa diraih karena PAUD Terpadu Islam Diponegoro menerapkan berbagai pelatihan yang berkesinambungan dalam usaha meningkatkan mutu dan nilai spiritual guru dan karyawannya. PAUD Terpadu Islam Diponegoro, Insya Allah mampu menjadi tempat yang ideal bagi tumbuh kembang anak Anda.

(Bunda Fatimah & Humas)

Leave a Reply