CALL CENTER
HUMAS YPID
0878 3636 4848
info@ypid.or.id

Inilah Kemeriahan FACB ke-9 (Festival Anak Cerdas Berakhlak, Bagian 2 – selesai)

Yeay!! This is the day!

Sabtu, 4 Februari, adalah hari yang menggembirakan bagi peserta dan panitia FACB, dan tentu saja keluarga besar Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro khususnya SD Islam Diponegoro. Sebagai unit penyelenggara, SD Islam Diponegoro tampak ramai dan penuh. Bayangkan saja, paserta yang mengikuti lomba berjumlah lebih dari 450 peserta. Tentu saja mereka datang didampingi oleh orang tua dan guru-guru mereka. Kebanyangkan rame nya??

suasana daftar ulang peserta

Mulai pukul 7.30, bertempat di aula SD Islam Diponegoro, proses daftar ulang telah dibuka. Banyak jenis perlombaan yang disiapkan oleh panitia FACB. Antara lain lomba kolase, melukis dan mewarnai, puisi, memasukan bola dan tahfiz. Pesertanya adalah siswa dan siswi TK A dan TK B se-Kota Surakarta. Eits, bahkan ada yang dari luar Surakarta lho. Sudah jadi tingkat nasional nih!

parade juara dan prestasi SD Islam Diponegoro

Acara pertama yaitu upacara pembukaan FACB . Parade prestasi menjadi pembuka dari serangkaian kegiatan dan lomba FACB, kemudian dilanjutkan dengan pemutaran video profil SD Islam Diponegoro, dan ada demonstrasi pembelajaran metode UMMI oleh siswa SD Islam Diponegoro. Selanjutnya, Kepala Sekolah Islam Diponegoro, Bapak Wawan Romansa, secara resmi membuka event FACB ke-9 ini dengan bacaan basmallah dan diikuti dengan sirine.

lomba memasukkan bola

ekspresi peserta baca puisi

lomba tahfiz

“Ayo lempar lagi..” begitulah juri lomba memasukan bola member semangat kepada peserta lomba. Tiap peserta di berikan waktu 1 menit untuk memasukan bola sebanyak-banyak nya ke dalam ring. Dengan semangat mereka melempakan dan mencoba untuk memasukan bola. Ada beberapa peserta yang sedikit kesulitan karena postur tubuh mereka yang mungil tetapi banyak juga yang berhasil memasukan  lebih dari 6 kali. Great job!

Di ruang lomba puisi, peserta terlihat berbeda dari yang lainnya. Mereka menggunakan pakaian terbaik mereka untuk perform di depan dewan juri. Tentu saja supaya menarik perhatian dewan juri. Peserta membacakan puisi yang telah ditentukan oleh panitia yang berjudul Mentari (Buah Karya Ibunda). Beberapa peserta tampak malu-malu sehingga suara mereka kadang redup dan timbul tenggelam. Tetapi banyak yang membaca puisi nya dengan suara lantang, wajah yang ekspresif, dan gerak tubuh yang menarik dan sesuai dengan isi puisi.

Banyak cerita di tempat lomba melukis dan mewarnai, khusus nya di kelas TK A. Ada yang menangis meraung-raung takut dan minta untuk didampingi oleh orang tua nya, ada yang hanya diam saja tidak mau mewarnai, dan masih banyak lainnya. Semoga setelah lomba ini, jadi tambah berani ya ^^

stand cahaya sakti motor

stand susu zee

Di sepanjang teras kelas berjajar stand-stand sponsor yang memeriahkan event yang rutin diadakan setiap tahun ini. Sponsor dan stand yang ikut menyukseskan FACB antara lain Alam Percetakan, Fokus, Khorland Putra, Feryal Batik, Kecap Korma, Susu Zee, Mc Donald, PT. Rinjani, Nia Kain, Nyah Uki ( Tiga Putri), Alya Tour & Travel, Toko Buku Toga Mas, Cahaya Sakti Motor, Andira, Zanin Advertising & Souvenir, Tiramisu Heboh, Nunik Stationery, Juss Madu, Arjuna Hot, Agista, Buku Anak Bu Fitri, Takoyaki, Erni Collection, Emma Hasni, Paparonz Pizza, Zee Bubble Drink, Kamir, Milky Kily, dan Sri Mainan. Baik peserta maupun pendamping bisa membeli makanan, pakaian, mainan, dan lainnya sembari menunggu dan menikmati perlombaan FACB.
Bukan hanya itu, panitia juga menyiapkan pelayanan konsultasi kesehatan dan psikologi gratis. Wah, lengkap semuanya..

door prize utama

Setelah semua lomba selesai, seluruh peserta kembali ke aula untuk mendapatkan balon, menikmati hiburan dan door prize. Iya door prize. Ada ratusan door prize siap untuk menghampiri mereka yang beruntung. Siapapun dapat kesempatan untuk mendapatkannya. Peserta, pendamping, orang tua,semuanya dapat nomer door prize. Apa aja sih door prize nya? Ada voucher, souvenir, jaket, kaos, setrika, dispenser, dan door prize utamanya adalah koper. Keren kan.. Sembari menunggu hasil pemenang lomba FACB ke-9. Peserta disuguhkan beberapa penampilan dari SD Islam Diponegoro. Antara lain, penampilan dari pianis cilik, story telling, dongeng islami, hadroh, dan diselingi dengan pembagian door prize. 2 door prize pertama secara langsung diberikan kepada peserta terjauh lokasi sekolahannya yaitu sleman, dan peserta yang paling banyak membawa wakil dari sekolahnya.

Satu persatu juara lomba diumumkan. Raut wajah bangga sangat terlihat jelas di wajah para orang tua atau pendamping peserta saat anak-anak menerima piala dan hadiah, baik yang juara harapan 1,2,3 maupun juara 1,2,3. Sama bangga nya. Wajar saja, anak-anak harus bersaing dengan puluhan bahkan ratusan peserta lain untuk maju ke panggung dan menerima piala. So proud of you kiddos! Tepat pukul 12.00 rangkaian acara FACB ke-9 telah rampung dilaksanakan.

Festival Anak Cerdas Berkahlak (FACB) ini sudah 9 kali diadakan oleh SD Islam Diponegoro. Tahun ke tahun Alhamdulillah selalu di penuhi dengan peserta, bahkan tahun ini bisa dikatakan membludak. “Tujuan FACB itu salah satunya adalah memberikan pelayanan pendidikan untuk anak-anak khusus nya usia TK A dan TK B caranya adalah dengan memfasilitasi dan mengadakan lomba sesuai dengan bakat dan minat anak-anak” terang Ibu Dina, Ketua Panitia FACB yang kesehariannya menjabat sebagai psikolog SD Islam Diponegoro.

Alhmadulillah Alhamdulillah Alhamdulillah. Terimaksih kepada ALLAH SWT karena atas Rahmat dan KuasaNya FACB ke-9 dapat berjalan dengan lancer dan sukses. Terimakasih juga Kami ucapkan kepada para sponsor yang memberikan kontribusi besar untuk FACB ke-9. Tidak lupa kepada panitia keren FACB ke-9, komite sekolah, SD Islam Diponegoro dan keluarga besar Yayasan Pendidikan Islam Diponegoro yang telah memberikan semua doa dan usaha untuk kesuksesan FACB ke-9.

Leave a Reply